Shalat Dhuha

A.    PENDAHULUAN
        Seluruh umat Islam telah meyakini bahwa hadis adalah sumber ajaran Islam kedua setelah Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Mempelajari hadis merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim, karena al Qur’an sebagai sumber ajaran utama dan pertama dalam agama Islam tidak menjelaskan hukum-hukum secara detail, banyak ketentuan-ketentuan hukum yang ada di dalam Al Qur’an yang perlu dikhususkan dan diperinci secara khusus yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah saw. Menurut Malik bin Anas hadis mempunyai lima macam fungsi terhadap Al Qur’an, yaitu baya>n al-taqri>r, baya>n al-tafsi>r, baya>n al-tafs}i>l, baya>n al-bast}, baya>n al-tasyri>[1] ;’. 
        Salat secara bahasa berarti do’a, sedangkan secara istilah shalat adalah ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, menurut syarat dan rukun tertentu.[2]   Secara garis besar salat dibagi menjadi dua, yaitu salat wajib (maktubah) dan shalat sunat (tat}awwu’). Diantara dari macam-macam salat sunat adalah s}ala>t d}uh}a> , yaitu salat yang dilakukan ketika waktu d}uh}a>  yaitu ketika matahari sudah naik sekitar sepenggalan, kira-kira setinggi ujung tombak (waktu pagi hari menjelang siang antara pukul 07.00 sampai 11.00).
        Sayid Bakar bin Muhammad Syatha Ad-Dimyati mengatakan dalam kitabnya I’a>nat} at}-t}a>libi>n bahwa jumlah rakaat s}ala>t d}uh}a> minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat. Diantara banyak keutamaan s}ala>t d}uh}a>  yang paling menonjol adalah s}ala>t d}uh}a> mampu melancarkan rezeki bagi orang yang menjalankannya, selain itu juga memudahkan para penuntut ilmu dalam memahami dan menerima ilmu yang telah disampaikan oleh guru. Pada dasarnya banyak keutamaan-keutamaan.
dari s}ala>t d}uh}a> yang telah dijelaskan di dalam hadis Nabi saw., antara lain s}ala>t d}uha> sebagai pengganti sedekah anggota badan, s}ala>t d}uha> mampu menebus dosa walaupun dosanya sebanyak buih lautan, Allah akan membangunkan istana di dalam surga, pahalanya orang yang melakukan s}ala>t d}uha> seperti orang yang melakukan ibadah umrah dam masih banyak keutamaan-keutamaan yang lainnya.


B.    SETTING HISTORIS
        Hadis ini turun dilatarbelakangi oleh kaum muslimin pada saat itu, suka bermalas-malasan setelah menunaikan s}ala>t s}ubuh}, mayoritas diantara mereka setelah waktu s}ubuh} habis mereka menghabiskan waktunya untuk berpangku tangan, dalam arti tidak ada semangat untuk bekerja ataupun mengisi waktu untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca al-Qur’an atau melakukan dzikir kepada Allah SWT.
        Pada saat itu Nabi saw. berwasiat kepada para sahabat untuk melakukan salat pada saat matahari telah terbit dan tingginya sekitar tujuh hasta atau setinggi ujung tombak, Nabi saw. memberikan contoh dengan melakukan shalat dua rakaat pada waktu tersebut. Pada kesempatan lain, Nabi saw. juga melakukan salat pada waktu d}uh}a> tetapi jumlah rakaatnya berbeda. Mulai dari empat rakaat sampai dengan dua belas rakaat. 
C.    TAH}RI>J AL-HADI>TH
Musnad Ah}mad, Kita>b Wa min musnad Bani> Hashim, Ba>b Bida>yah musnad ‘Abdullah bin ‘Abbas, No.1946
Musnad Ah}mad, Kita>b Ba>qiya Musnad Li Ans}a>r, Ba>b Baqiya Li Musnad Sabaq, No. 25084.
S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>t li Musa>firi>n wa Qas}ruha>, No. 1181
S}ahi>h Muslim, Kita>b Shalah li Musa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b S}alah li Awwabi>n h}i>na Tarmid}u al-Fis}a>l, No. 1237

D.    I’TIBAR SANAD
1.    Hadits tentang Hukum S}ala>t D}uh}a>
a.    Hukum S}ala>t D}uh}a>
S}ahi>h Bukha>ri>, Kita>b At-Tahjjud abwa>bu at}-tat}awwu’, Ba>b man lam yus}alli ad}-D}uh}a> wa ra’ahu wa>si’an, No. 1178.
حدّثنا مسلم بن إبراهيم قال أخبرنا شعبة قال حدّثنا عبّاس الجريرىّ هوابن فرّوخ عن أبي عثمان النّهدىّ عن أبي هريرة رضى الله عنه قال : أوصاني خليلى ص م بثلاث لاأدعهنّ حتّى أموت : صوم ثلاثة أيّام من كلّ شهر, وصلاة الضّحى, ونوم على وتر
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim berkata : telah mengabarkan kepada kami Syu’bah berkata : telah menceritakan kepada kami Abbas al-Jaririy dia anak laki-laki farrukh dari Abi Utsman An-nahdiy dari Abi Hurairah ra berkata : “Telah berwasiat kepadaku kekasihku nabi saw akan tiga hal yang tidak boleh aku tinggalkan hingga aku mati : puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur sebelum shalat witir.[3]
S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>t li Musa>firi>n wa Qas}ruha>, No. 1183
وحدثنى هارون بن عبدالله ومحمد بن رافع قالا حدثنا ابن أبى فديك عن الضحاك بن عثمان عن إبراهيم بن عبدالله حنين عن أبى مرّة مولى أمّ هانئ عن أبى الدّرداء قال أوصانى حبيبى صلى الله عليه وسلم  :بثلاث لن أدعهنّ ماعشت بصيام ثلاثة أيّام من كلّ شهر وصلاة الضحى وبأن لاأنام حتّى أوتر
Artinya : “Telah menceritakan kepadaku Harun bin Abdullah dan Muhammad bin Rofi’ berkata : Telah menceritakan kepada kami Abi  Faudaik dari Dhahak bin Utsman dari Ibrahim bin Abdullah Hunain dari Abi Murrah tuan Umi Hanik dari Abu Darda’, dia berkata : “Kekasihku Rasulullah saw mewasiatkan kepadaku akan tiga hal yang tidak boleh aku tinggalkan selagi hayat masih dikandung badan : Puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidak boleh tidur sebelum melakukan shalat witir.”[4]
Sunan An-Nasa>’i, Kita>b S}iya>m, Ba>b S}aumu Thala>thati Ashhur,  No. 2362
أخبرنا علىّ بن حجر قال حدثناإسمعيل قال حدثنا محمد بن أبى حرملة عن عطاءبن يسار عن أبى ذرّ قال أوصانى حبيبى صلى الله عليه وسلم : بثلاثةلاأدعهنّ إن شاءالله تعالى ابدا أوصانى بصلاة الضحى وبالوتر قبل النوم وبصيام ثلاثة أيام من كل شهر
Artinya : “Telah mengabarkan kepada kami ‘Ali bin Hajar berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abi Harmalah dari ‘Atha’ bin Yasar dari Abi dzar berkata telah berwasiat kepadaku Kekasihku Nabi saw : “Ada tiga perkara yang tidak boleh aku tinggalkan jika Allah SWT menghendaki selamanya, telah berwasiat kepadaku akan shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur, serta puasa tiga hari setiap bulan.[5]” 
b.    Fadhilah Shalat Dhuha
Sunan Abi Da>wud, Kita>b Al-s}ala>t, Ba>b s}ala>t al-d}uh}a>, No. 1286
حدثناوهب بن بقية أخبرناخالدعن واصل عن يحي بن يعمر عن أبى الأسود الدؤلىّ قال بينما نحن عند أبى ذرّ قال:  يصبح على كلّ سلامى من أحدكم فى كلّ يوم صدقة فله بكلّ صلاة صدقة وصيام صدقة وحجّ صدقة وتسبيح صدقة وتكبيرصدقة وتحميدصدقة فعدّرسول الله صلى الله عليه وسلم من هذه الأعمال الصّالحة ثمّ قال يجزئ أحدكم من ذلك ركعتاالضّحى
Artinya : “ Telah menceritakan kepada kami Wahb bin Baqiyyah telah mengabarkan kepada kami Khalid dari Washil dari Yahya bin Ya’mar dari Abi Al-Aswad Ad-Du’aliy dia berkata : ketika kami di samping Abi Dzar dia berkata : “Untuk setiap ruas seseorang dapat menjadi sedekah setiap harinya. Maka dengan setiap shalat sedekah baginya. Puasa sedekah baginya. Haji sedekah baginya. Tasbih sedekah baginya. Takbir sedekah baginya dan tahmid sedekah baginya. Rasulullah saw bersabda: “dan semuanya itu, seseorang akan dicukupi oleh dua rakaat shalat dhuha.”[6]
c.    Jumlah rakaat S}ala>t D}uh}a>
S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h al-Musa>firi>n, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a>, No. 79.
حدّثنا عبدالرّزّاق حدّثنا معمرعن قتادة عن معاذة العدويّة عن عائشة قالت كان النّبىّ ص م يصلّى صلاة الضّحى أربع ركعات ويزيد ما شاء الله
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Abdur Razaq, Ma’mar dari Qatadah dari Mu’adzah al-‘Adawiyah dari Aisyah berkata : Nabi Saw melakukan shalat dhuha empat rakaat dan menambahi semaunya.”
S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h limusa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a> wa an aqallaha> rak’atain wa akmaluha> thaman, No. 1175
حدّثنا شيبان بن فرّوخ حدّثنا عبدالوارث حدّثنايزيد يعنى الرّشاك حدّثتنى معاذة أنّها سألت عائشة رضى الله عنهما كم رسول الله ص م يصلّى الضّحى قالت أربع ركعات ويزيد ماشاء
Artinya : “telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farrukh, Abdul Warits, Yazid yaitu Ar-Risyak telah menceritakan kepadaku Mu’adzah bahwa dia bertanya kepada Aisyah ra berapa rakaat Rasulullah Saw shalat dhuha? Dia menjawab empat rakaat dan menambah semaunya.[7]
 S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h limusa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a> wa an aqallaha> rak’atain wa akmaluha> thaman, No. 1175
حدّثنا شيبان بن فرّوخ حدّثنا عبدالوارث حدّثنايزيد يعنى الرّشاك حدّثتنى معاذة أنّها سألت عائشة رضى الله عنهما كم رسول الله ص م يصلّى الضّحى قالت أربع ركعات ويزيد ماشاء
Artinya : “telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farrukh, Abdul Warits, Yazid yaitu Ar-Risyak telah menceritakan kepadaku Mu’adzah bahwa dia bertanya kepada Aisyah ra berapa rakaat Rasulullah Saw shalat dhuha? Dia menjawab empat rakaat dan menambah semaunya.”[8]
S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h limusa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a> wa an aqallaha> rak’atain wa akmaluha> thaman, No. 1176
حدّثنى يحي بن حبيب الحارثىّ حدّثنا خالد بن الحارث عن سعيد حدّثنا قتادة أنّ معاذة العدويّة حدّثتهم عن عائشة قالت كان رسول الله ص م يصلّى الضّحى أربعاويزيد ماشاءالله
    Artinya : “Telah menceritakan kepadaku Yahya bin Habib Al-Haritsiy, telah menceritakan kepada kami Khalid bin Harits dari Sa’id, telah menceritakan kepada kami Qatadah bahwa Mu’adzah al-Adawiyah telah menceritakan kepada mereka dari Aisyah berkata : Rasulullah Saw melakukan shalat dhuha empat rakaat dan menambahi sesuai kehendak Allah.”[9]
Sunan Ibnu Ma>jah, Kita>b Iqoma>h lis}ala>h wa li sunnati fi>ha>, Ba>b Ma> Ja>’a fi> s}alat al-d}uh}a>, No. 1371
حدّثنا أبوبكر بن أبى شيبة حدّثنا شبابة حدّثنا شعبة عن يزيد الرّشاك عن معاذة العدويّة قالت سألت عائشة أكان النّبىّ ص م يصلّى الضّحى قالت نعم أربعا ويزيد ماشأالله
    Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi syaibah, Syababah, Syu’bah dari Yazid ar-Risyak, Mu’adzah al-‘adawiyah dia berkata, aku bertanya kepada Aisyah Pernahkah Rasulullah Saw Shalat Dhuha Dia menjawab ya empat rakaat dan menambahinya sesuai dengan kehendak Allah.”[10]
Musnad Ah}mad, Kita>b Baqiya Musnad li Ans}a>r, Ba<b Hadi>th li Sayyidah ‘Aisyah, No. 23317
حدّثناحسين بن محمّد قال حدّثنى المبارك عن أمّه عن معاذة عن عائشة قالت صلّى الله عليه وسلّم فى بيتى من الضّحى أربع ركعات
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Husain bin Muhammad dia berkata, telah menceritakan kepadaku Al-Mubarok dari ibunya dari Mu’adzah dari Aisyah dia berkata : “Rasulullah Saw melakukan shalat dhuha di rumahku sebanyak empat rakaat.”[11]
Musnad Ah}mad, Kita>b Baqiya Musnad li Ans}a>r, Ba<b Hadi>th li Sayyidah ‘Aisyah, No. 23497
حدّثنا بهز قال حدّثنا همّام عن قتادة عن معاذة قالت سألت عائشة كم كان رسول الله ص م يصلّى الضّحى قالت أربع ركعات ويزيد ماشاءالله عزّوجلّ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Bahz dia berkata telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Mu’adzah dia berkata Aku bertanya kepada Aisyah Berapa rakaat Nabi Saw melakukan shalat Dhuha? Dia menjawab empat rakaat dan menambahinya sesuai dengan kehendak Allah ‘azza wa jalla."[12]
d.    Waktu S}ala>t D}uh}a>
S}ahi>h Muslim, Kita>b Shalah li Musa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b S}alah li Awwabi>n h}i>na Tarmid}u al-Fis}a>l, No. 1238
حدّثنازهيربن حرب حدّثنايحي بن سعيد عن هشام بن أبى عبدالله قال حدّثنا القاسم الشّيبانىّ عن زيدبن أرقم قال خرج رسول الله ص م على أهل قبّاء وهم يصلّون فقال صلاة الأوّابين إذارمضت الفصال
    Sunan Al-Da>rimi>, Kita>b Li S}ala>h, Ba>b Fi> S}ala>h li Awwa>bi>n, No.1421
أخبرنا وهب بن جرير حدّثناهشام الدّستوائىّ عن القاسم بن عوف عن زيد بن أرقم أنّ رسول الله ص م خرج عليهم وهم يصلّون بعد طلوع الشّمس فقال رسول الله ص م صلاة الأوّابين إذارمضت الفصال
    Musnad Ah}mad, Kita>b Awwal Musnad li Ku>fiyin, Ba>b H}adi>th Zaid bin Arqam, No. 18514
حدّثنا إسماعيل حدّثنا أيّوب عن القاسم الشّيبانىّ أنّ زيد بن أرقم رأى ناسايصلّون فى مسجد قباء من الضّحى فقال أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلَاةَ فِي غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  إِنَّ صَلَاةَ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
E.    TEMA
1.    Hukum S}ala>t D}uh}a>
حدّثنا شجاع بن الوليد عن أبى جناب الكلمىّ عن عكرمة عن ابن عبّاس قال:  سمعت رسول الله ص م يقول:  ثلاث هنّ علىّ فرائض وهنّ لكم تطوّع الوتر والنّحر وصلاة الضّحى
Artinya : “Telah menceritakan Abu Syuja’ bin Walid dari Abi Janab al- Kalbiy dari Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata saya telah mendengar Rasulullah Saw bersabda : “Ada tiga hal yang ketiganya wajib bagiku dan sunnah bagi kalian, (yaitu) shalat witir, berkorban (menyembelih) dan s}ala>t d}uh}a>.”[13]
Sharh} al-mufrada}t
            تطوّع adalah bentuk fi’il ma>d}i untuk menunjukkan bahwa pekerjaan itu telah dilakukan pada masa lampau, kata ini berarti berbuat sunat tambahan, sedangkan orang yang melakukan perbuatan sunat menggunakan sighat isim fa>’il     مطوّع- متطوّع . [14]
Menurut Prof. Dr. Wahbah Zuhaili dalam bukunya al-fiqhu al-Isla>mi> wa adillatuhu kata tat}awwu’ menurut bahasa artinya suatu perbuatan taat, sedangkan menurut syara’ atau adat artinya perbuatan taat yang tidak wajib.[15]  
Substansi Hadits
            Salat sunat biasa disebut dengan s}ala>t tat}awwu’ ada juga yang menyebutnya dengan s}ala>t nawa>fil. S}ala>t d}uh}a> hukumnya sunat. S}ala>t d}uh}a>  termasuk salat sunnat ghairu muakkadah.[16]   Bagi orang yang mengerjakannya akan mendapat pahala sedangkan orang yang meninggalkannya tidak berdosa. Sebagian ulama’ Hanabilah mengatakan bahwa s}ala>t d}uh}a>  tidak disunnahkan untuk dilakukan terus-menerus, karena Nabi saw. sendiri menjalankannya tidak terus menerus. Selain itu, apabila s}ala>t d}uh}a> dilakukan terus menerus maka akan serupa dengan s}ala>t fard}u.     Sebagian ulama’ lain berpendapat bahwa menjalankan s}ala>t d}uh}a> secara terus-menerus hukumnya sunnah, karena Nabi saw. telah berpesan agar para sahabat melakukan shalat tersebut.[17]
2.    Waktu S}ala>t D}uh}a>
 حدّثنا زهيربن حرب وابن نمير قالا حدّثناإسمعيل وهو ابن عليّة عن أيّوب عن القاسم الشّيبانىِّ أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنْ الضُّحَى فَقَالَ : أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلَاةَ فِي غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb dan Ibn Numair mereka berdua berkata telah menceritakan kepada kami Isma’il dia adalah anak laki-laki ‘Ulayyah, dari Ayyub dari Qasim Asy-Syaibaniy bahwa Zaid bin Arqam melihat suatu kaum melakukan shalat dhuha maka dia berkata adakah kalian mengetahui bahwa shalat pada selain waktu ini lebih utama sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda : “Shalat Awwabin (orang-orang yang kembali pada ketaatan) adalah ketika anak-anak unta kepanasan di padang pasir.”[18]
Sharh} al-mufrada}t
الْأَوَّابِينَ adalah bentuk jamak yang artinya orang-orang yang taubat. Lafaz ini berasal dari kataتاب  yang artinya taubat.     أوّاب lafaz ini mengikuti wazan فعّال  yang berfaedah muballaghah.
Subtansi hadits
    Matahari menjadi tolok ukur untuk menentukan masa dan berakhirnya waktu shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. Waktu pelaksanaan shalat dhuha dimulai ketika matahari meninggi setelah terbitnya setinggi ujung tombak (7 hasta) hingga matahari bergeser dari tengah langit (waktu dhuhur). Ada juga yang mengatakan waktu shalat dhuha dimulai dari naiknya matahari pagi dan suhu mulai panas sekitar pukul 07.00 am.
    Berkaitan dengan waktu s}ala>t d}uh}a> diantara ulama’ terdapat perbedaan pendapat, yaitu :
1.    Sayid Bakar bin Muhammad syatha’ ad-Dimyati dalam kitabnya I’a>nah ath-tha>libi>n menyatakan bahwa waktu yang paling utama
untuk melakukan shalat dhuha pada waktu pertengahan sekitar pukul 09.00 dan dilakukan di masjid.
2.    Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan bahwa waktunya adalah mulai dari matahari setinggi tombak –dilihat dengan pandangan mata- hingga mendekati waktu zawal (kira-kira 20 menit setelah matahari terbit, hingga 10 atau 5 menit sebelum matahari bergeser ke barat).
3.    Al-Lajnah Ad Da-imah (Komisi Fatwa di Saudi Arabia) menjelaskan bahwa waktu awal shalat Dhuha adalah sekitar 15 menit setelah matahari terbit. Sedangkan waktu utama mengerjakan shalat Dhuha adalah di akhir waktu, yaitu keadaan yang semakin panas.
4.    An-Nawawi mengatakan, “Inilah waktu utama untuk melaksanakan s}ala>t D}uh}a>. Begitu pula ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk s}ala>t D}uh}a. Walaupun boleh pula dilaksanakan ketika matahari terbit hingga waktu zawal.”  Dalam  riwayat Abu Dawud dalam kitabnya Sunan Abi Dawud dan Ibnu Majah dalam kitabnya Sunan Ibnu Majah yang senada menggunakan lafaz ad}-D}uh}a> pada redaksi lafaz yang digunakannya, tetapi pada intinya sama yaitu menjelaskan tentang waktu s}ala>t d}uh}a>.

   
3.    Jumlah Rakaat Shalat Dhuha
حدّثنا عبدالوهّاب عن سعيد عن قتادة عن معاذة عن عائشة أنّ النّبىّ ص م كان يصلّى الضّحى أربعا ويزيد ماشاء الله
    “Telah menceritakan kepada kami Abdul wahab dari Sa’id dari Qatadah dari Mu’adzah dari Aisyah bahwa Nabi saw shalat dhuha empat rakaat dan beliau menambahi semaunya.”[19]
S}arh} al-Mufrada}t
         أربعا lafaz ini mempunyai arti empat, yang menunjukkan jumlah bilangan, dalam bahasa arab dikenal dengan istilah ‘adad. Lafaz ini dibaca nas}ab karena di dalam kalimat diatas berkedudukan sebagai maf’u>l bih (obyek).
Substansi Hadits
        S}ala>t d}uh}a> minimal dilakukan sebanyak dua rakaat. Bilangan rakaat shalat dhuha selalu genap mulai dari dua rakaat, empat rakaat,  delapan rakaat dan dua belas rakaat. Berkaitan dengan jumlah rakaat shalat dhuha, para imam madzhab memiliki pendapat yang berbeda-beda dengan dasarnya masing-masing, diantaranya sebagai berikut :
Pertama, Madzhab Hanafi berpendapat bahwa shalat dhuha paling banyak dilakukan sebanyak dua belas rakaat. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Anas dari Rasulullah saw :
حدّثنا أبوكريب محمّد بن العلاء أخبرنا يونس بن بكير عن محمد بن إسحق حدثنى موسى بن فلان بن أنس عن عمّه ثمامة بن أنس بن مالك عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله ص م : مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكَعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الجَنَّةِ مِنْ ذَهَبٍ
Artinya : “Barangsiapa yang mengerjakan shalat dhuha sebanyak dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di surga yang terbuat dari emas.”[20]
Kedua,madzhab Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada batas maksimal untuk rakaat shalat dhuha. Di dalam sharh} at-Tirmidhi>, Iraqi, mengatakan bahwa ia tidak mengetahui salah seorang dari sahabat  atau seorang tabi’in yang mengetahui kalau Rasulullah saw membatasi rakaat shalat dhuha dengan dua belas rakaat.
Ketiga, golongan yang berpendapat bahwa jumlah rakaat shalat dhuha adalah delapan rakaat. Hal itu berdasarkan hadis riwayat ummu Hani’ bahwa Nabi saw bersabda pada penaklukan kota Makkah melakukan shalat dhuha delapan rakaat dalam s}ala>t na>filah d}uh}a>. 
4.    Keutamaan S}ala>t D}uh}a>
حدّثنا محمّد بن سلمة المرادىّ حدّثنا ابن وهب عن يحي بن أيّوب عن زبّان بن فائد عن سهل بن معاذ بن أنس الجهنىّ عن أبيه أنّ رسول الله ص م قال:  من قعد فى مصلاّه حين ينصرف من صلاة الصّبح حتّى يسبّح ركعتى الضّحى لايقول إلاّخيرا غفرله خطاياه وإن كانت أكثر من زبد البحر
“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salmah Al-Muradiy, Ibn wahb dari Yahya bin Ayyub, Zabban bin Faid, Sahl bin Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy dari bapaknya bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Barang siapa duduk di tempat shalatnya ketika selesai shalat shubuh sampai mengerjakan dua rakaat shalat dhuha, sedang orang hanyalah mengucap kebaikan, maka diampuni dosa-dosanya walaupun lebih banyak dari buih lautan.”[21]
 

 Sharh} Al-Mufrada>t
    قعد adalah bentuk fi’il madi yang artinya duduk, lafaz ini muradif dengan lafaz جلس . sedangkan lafaz} ينصرف adalah bentuk fi’il mud}a>ri’ yang menunjukkan pekerjaan yang sedang dan atau akan dilakukan, dalam kamus Al-Munawir lafaz ini mempunyai arti berangkat, pergi. Lafaz خير berarti bagus, baik, perbuatan baik.
Substansi Hadis
    S}ala>t d}uh}a> merupakan salah satu salat sunnat yang mempunyai keutamaan-keutamaan, diantaranya telah disebutkan dalam hadis di atas yaitu orang yang melakukan S}ala>t d}uh}a> diampuni dosa-dosanya walaupun dosa itu melebihi banyaknya buih lautan. Selain itu, terdapat hadis-hadis lain yang menyatakan tentang keutamaan-keutamaan s}ala>t d}uh}a>  yaitu sebagai berikut :
Pertama, S}ala>t d}uh}a> sebanyak dua rakaat dapat digunakan untuk membayar keharusan bersedekah bagi seluruh anggota badan pada setia harinya. Selain itu, S}ala>t d}uh}a>  sebagai pengganti sedekah bagi anggota badan. Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi sebagai berikut:
حدثناوهب بن بقية أخبرناخالدعن واصل عن يحي بن يعمر عن أبى الأسود الدؤلىّ قال بينما نحن عند أبى ذرّ قال:  يصبح على كلّ سلامى من أحدكم فى كلّ يوم صدقة فله بكلّ صلاة صدقة وصيام صدقة وحجّ صدقة وتسبيح صدقة وتكبيرصدقة وتحميدصدقة فعدّرسول الله صلى الله عليه وسلم من هذه الأعمال الصّالحة ثمّ قال يجزئ أحدكم من ذلك ركعتاالضّحى
“ Telah menceritakan kepada kami Wahb bin Baqiyah telah mengabarkan kepada kami Khalid dari Washil, Yahya bin Ya’mar, Abi Al-Aswad Ad Duali dia berkata : ketika kami di samping Abi Dzar dia berkata : “Untuk setiap ruas seseorang dapat menjadi sedekah setiap harinya. Maka dengan setiap shalat sedekah baginya. Puasa sedekah baginya. Haji sedekah baginya. Tasbih sedekah baginya. Takbir sedekah baginya dan tahmid sedekah baginya. Rasulullah saw bersabda: “dan semuanya itu, seseorang akan dicukupi oleh dua rakaat shalat dhuha.”[22]

Kedua, S}ala>t d}uh}a>  bisa dijadikan alat untuk menebus dosa serta membangun istana di dalam surga. Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi sebagai berikut :
حدّثنا أبوكريب محمّد بن العلاء أخبرنا يونس بن بكير عن محمد بن إسحق حدثنى موسى بن فلان بن أنس عن عمّه ثمامة بن أنس بن مالك عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله ص م : مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكَعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِى الجَنَّةِ
“Telah menceritakan kepada kami Abu Karib Muhammad bin al-‘Ala’ telah mengabarkan kepada kami Yunus bin Bakir dari Muhammad bi Ishaq telah menceritakan kepadaku Musa bin Fulan bi Anas dari pamannya Tsamamah bij Anas bin Malik dari Anas bin Malik berkata : Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa mau mengerjakan shalat dhuha dua belas rakaat, maka Allah membangunkan untuknya gedung di surga dari emas.”[23]

Ketiga, orang yang melakukan S}ala>t d}uh}a> mendapat pahala yang tidak kalah dengan perang memikul senjata. Sebagaimana sahabat Abdullah bin Amr bin Ash menjelaskan :
عن عبدالله بن عمروبن العاص بعث رسول الله ص م سريّة فغنموا واسرعوا الرّجفة فتحدّث النّاس بقرب مغزاهم وكثرة غنيمتهم وسرعة رجعتهم, فقال رسول الله ص م : الا أدلّكم على اقرب منهم مغزى واكثر غنيمة واوشك رجعة ؟ من توضّأ ثمّ غدا إلى المسجد لسبحة الضّحى فهو اقرب منهم مغزى واكثر غنيمة واوشك رجعة
“Rasulullah pernah mengirim satu peleton pasukan perang dalam sebuah peperangan. Dalam waktu yang relative singkat mereka berhasil mendapatkan kemenangan, hingga kemudian segera bergegas pulang dengan membawa rampasan perang. Karenanya banyak orang yang membicarakan tentang singkatnya waktu peperangan, banyaknya rampasan perang, dan cepatnya mereka kembali pulang. Lalu Rasulullah saw bersabda : “Bersediakah kalian aku tunjukkan tentang orang yang paling singkat waktu berperangnya, paling banyak rampasan perangnya, dan paling cepat kembalinya?Barangsiapa bewudlu kemudian berangkat ke masjid melakukan shalat sunat dhuha, maka dialah orang yang paling singkat waktu perangnya, paling banyak rampasan perangnya, dan paling cepat pulangnya.”
Keempat, orang yang senantiasa melakukan s}ala>t d}uh}a>  akan diberi kecukupan oleh Allah SWT dalam kehidupannya, bahkan akan diberikan h}usnu al-kha>timah. Hal ini dijelaskan dalam hadis qudsi sebagai berikut :
حدّثنا أبواليمان حدّثنا صفوان بن عمرو عن شريح بن عبيد عن أبى الدّرداء أنّ النّبىّ ص م قال إنّ الله عزّوجلّ يقول ابن ادم لاتعجز من أربع ركعات أول النهار أكفك اخره
    “Dari ‘Uqbah ibn ‘Amir al Juhaniy sesungguhnya Allah yang maha Mulia lagi maha Agung berfirman : “Hai anak Adam, cukupilah Aku dengan melakukan empat rakaat shalat dhuha pada pagi hari, makسa Aku akan mencukupi kebutuhanmu pada akhir hayatmu.”
Kelima, orang yang telah membiasakan untuk melakukan s}ala>t d}uh}a>  diibaratkan seperti bayi yang baru lahir dari kandungan seorang ibu yang bersih dari kotoran dan dosa, dalam arti kembali kepada fitrah. Sabda rasulullah saw :
عن عقبة بن عامر من قام استقبلته الشمس فتوضأ فأحسن وضوءه, ثمّ قام فصلّى ركعتين غفرت له خطاياه وكان كماولدته امّه
    “Dari ‘Uqbah bin Amir Barangsiapa berdiri ketika matahari menampakkan diri, lalu berwudlu’ dengan sempurna, kemudian melakukann shalat sunnat dua rakaat, maka diampunilah segala dosanya. Dia kembali bersih dari segala dosa sebagaimana ketika dilahirkan dari kandungan ibunya.” 
Keenam, pahala S}ala>t d}uh}a>  tidak kalah dengan pahala ibadah umrah. Rasulullah saw bersabda :
عن أبى أمامة أنّ رسول الله ص م قال من خرج من بيته متطهّرا الىى الصّلاة مكتوبة فأجره كأجر الحاجّ المحرم ومن خرج الى تسبيح الضحى لاينصبه الاّ ايّاه فأجره كأجر المعتمر
“Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah saw bersabda :“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah.”
Ketujuh, tingkatan pahala s}ala>t d}uh}a>  berbeda-beda sesuai dengan jumlah rakaat yang dilakukan. Sebagaimana diterangkan dalam hadis Nabi saw. :
عن أبي الدرداء ؛ قال: قال رسول الله : من صلى الضحى ركعتين لم يكتب من الغافلين، ومن صلى أربعاً  كتب من العابـدين، ومن صلى ستاً كفي ذلك اليوم، ومن صلى ثمانياً كتبه الله من القانـتين,  ومن صلى ثنتي عشرة ركـعة بنى الله له بيتاً في الجـنة, وما من يوم ولا ليلة إلا لله منٌّ يمنٌّ بـه على عباده صدقة، وما منَّ الله على أحد من عباده أفضل من أن يلهمه ذكره
    “Dari Abi Darda’ berkata, telah bersabda Rasulullah saw : “Barangsiapa mengerjakan shalat dhuha dua rakaat, maka dia tidak dicatat dalam kelompok orang-orang yang lupa. Barangsiapa mengerjakan shalat dhuha empat rakaat, maka dia dicatat dalam kelompok orang-orang yang ahli beribadah. Barangsiapa mengerjakan shalat dhuha enam rakaat maka pada hari itu segala kebutuhannya dicukupi oleh Allah. Barangsiapa mengerjakan shalat dhuha delapan rakaat maka Allah mencatat dirinya termasuk golongan orang-orang yang tunduk dan patuh serta menghabiskan seluruh waktunya untuk beribadah kepada Allah. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dhuha dua belas rakaat, maka Allah membangunkan buatnya istana indah di dalam surge. Tidak ada dalam sehari semalam kecuali Allah pasti memberikan anugerah serta sedekah kepada hamba-Nya. Dan tidak ada anugerah Allah yang lebih utama yang diberikan kepada hamba-Nya melebihi anugerah kesadaran berdzikir kepadan-Nya.”
Kedelapan, s}ala>t d}uh}a>  bisa dikatakan sebagai salat pembuka rezeki. Allah menjamin kelapangan rezeki dalam kehidupan orang yang melakukannya. Hal ini terlihatdalam teks doa s}ala>t d}uh}a>  yang dibaca setiap kali selesai melakukannya. Yaitu :
اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك  اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
“Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu dan keagungan adalah keagungan-Mu, dan keindahan adalah keindahan-Mu, dan kekuatan adalah kekuatanMU, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan adalah perlindungan-Mu, Ya Allah, jika rezekiku ada di atas langit, maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika jauh, maka dekatkanlah, dengan berkat waktu dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepadaku segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.”   
        Di kalangan masyarakat umum, s}ala>t d}uh}a> diyakini sebagai shalat yang membawa kemudahan dan kelancaran rezeki di dunia, padahal kalau melihat keterangan di atas yang menjelaskan keutamaan-keutamaan shalat dhuha, tidak hanya memberi kemudahan dan kelancaran rezeki tetapi banyak tersimpan pahala yang sangat besar. 
F.    KRITIK HADIS
حدّثنا أبوكريب محمّد بن العلاء أخبرنا يونس بن بكير عن محمد بن إسحق حدثنى موسى بن فلان بن أنس عن عمّه ثمامة بن أنس بن مالك عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله ص م : مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكَعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الجَنَّةِ مِنْ ذَهَبٍ
        Menurut Abu Isa[24] , hadis ini adalah hadis gharib, karena beliau tidak mengetahui hadis ini kecuali dari sanad ini. Kalau dilihat dari lafaz yang digunakan dalam hadis ini menunjukkan bahwa hadis ini diterima melalui jalan sima>’i> yaitu menggunakan lafaz حدّثنا yang artinya “telah diceritakan kepada kami”, lafaz ini tergolong dalam derajat pertama dalam menentukan kesahihan suatu hadis. Hadis ini diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dalam kitabnya sunan at-tirmidzi. At-tirmidzi adalah seorang rawi hadis yang mendapat asuhan dan didikan Imam Bukhari dalam mempelajari ilmu hadis, mendalami ilmu fiqih dan diskusi dengan beliau.

G.    PESAN MORAL
            S}ala>t d}uh}a> merupakan shalat yang memiliki rahasia menakjubkan dengan bertaburkan keutamaan-keutamaan. S}ala>t d}uh}a> sangat penting bagi orang beriman. Penting bukan karena seperti yang banyak dipersepsikan, melainkan s}ala>t d}uh}a> ada hubungannya dengan mencari rezeki, melainkan ia penting karena sumpah Allah SWT dalam Al-Qur’an. Maka, sungguh bahagia orang-orang beriman yang memulai waktu paginya dengan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan dengan s}ala>t d}uh}a>. Allah SWT dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu d}uh}a>. Dalam pembukaan surat As-Syams, Allah berfirman :
والشّمس وضحىها
 “Demi matahari dan demi waktu d}uh}a>.”[25]
Bahkan, ada surat khusus di Al-Qur’an dengan nama Ad}-d}uh}a>. Pada pembukaannya, Allah berfirman :
والضّحى
“Demi waktu d}uh}a>.”[26]
 Ar-Razi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Yang perlu dipahami adalah bahwa setiap kali Allah SWT
bersumpah dengan sesuatu, maka pada sesuatu tersebut tentunya terdapat
rahasia yang agung dan memiliki manfaat yang besar. Maka, manakala
Allah bersumpah dengan Dhuha, itu artinya banyak sekali tersimpan
rahasia agung dan manfaat yang besar di dalam waktu Dhuha.
        Dalam sebuah doanya Rasulullah saw senantiasa memohon kepada Allah, “Allahumma ba>rik ummati> fi> buku>riha>”, yang artinya adalah “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada ummatku diwaktu pagi”. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif pada waktu pagi (s}ubuh} dan d}uh}a>) untuk berjuang mencari rezeki yang halal akan memperoleh limpahan berkah dari Allah swt. Maka dengan demikian, bagi orang-orang yang terlena dengan tidurnya hingga lupa untuk melaksanakan sholat shubuh, dan yang bermalas-malsan untuk melakukan s}ala>t d}uh}a>, tidak akan mendapatkan berkah pagi dari Allah SWT. Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu s}ubuh} dan d}uh}a>) untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat s}ala>t s}ubuh> pada waktunya, ia tidak mendapatkan bagian keberkahan itu.DAFTAR PUSTAKA
Al-Atsqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar. Fath}ul Ba>ri> bi sharh} sah}i>h} Bukhari>  jilid III. Beirut : Da>r al-Fikr, t.t.
Al-Fauzan, Shalih bin Fauzan bin Abdullah. Ringkasan Fikih Lengkap. Terj. Asmuni. Jakarta : Da>rul Fala>h}, 2005.
Al-Munzdiry, Hafizh. Terjemahan Sunan Abi Dawud. Terj. H. Bey Arifin dan A. Syinqithy Djamaluddin. Semarang : CV. Asy-Syifa’, 1992.
Al-Naisabury, Imam Abi Husein Muslim Ibnu Hajjaj Al-Qusairy.Al-Ja>mi’ al-s}ah}i>h} Jilid I. Beirut : Da>r al-Fikr, t.t.
Al-Naisabury, Imam Abi Husein Muslim Ibnu Hajjaj Al-Qusairy. Tarjamah Shahih Muslim Jilid I. Terj. Adib Bisri Mustofa. Semarang : CV. Asy-Syifa’, 1992.
Ar-Rahbawi, Abdul Qadir al-Hajj Mutlaq. Tuntunan Shalat Dalam Empat Madzhab. Terj. Abdi Pemi Karyanto. Jakarta : Gadika Pustaka, 2008.
Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Semarang : Pustaka Rizki Putra, 2009.
At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa Surah. Terjemah Sunan At-Tirmidzi. Terj. Moh. Zuhri. Semarang : CV. Asy-Syifa’, 1992.
Al-Mundziri, Al-Hafidz Zaki Al-Din ‘Abd Al-‘Azhim. Ringkasan Shahih Muslim. Terj. Syinqity Djamaluddin dan H.M. Mochtar Zoerni. Bandung : Mizan, 2009.
Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam 2. Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani. Jakarta : Gema Insani, 2010.
Idri. Studi Hadis. Jakarta : Kencana, 2010.
Mudjab, Nadhirah. 77 Hadis Panduan Shalat Sunat.Yogyakarta : Mitra Pustaka, 2000.
Rasjid, Sulaiman. Fiqh Islam. Jakarta : Attahiriyah, 1976.
Sabiq, Sayyid. Fiqih Sunnah 1. Terj. Ahmad Shiddiq Thabrani, et.al. Jakarta : Pena Pundi Aksara, 2008.








[1]Idri, Studi Hadis, (Jakarta : Kencana, 2010), 24.
[2]Sulaiman Rasjid, Fiqh Islam, (Jakarta : Attahiriyah, 1976), 64.
[3]S}ahi>h Bukha>ri>, Kita>b At-Tahjjud abwa>bu at}-tat}awwu’, Ba>b man lam yus}alli ad}-D}uh}a> wa ra’ahu wa>si’an, No. 1178.
[4] S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>t li Musa>firi>n wa Qas}ruha>, No. 1183
[5]Sunan An-Nasa>’i, Kita>b S}iya>m, Ba>b S}aumu Thala>thati Ashhur, No. 2362
[6] Sunan Abi Da>wud, Kita>b Al-s}ala>t, Ba>b s}ala>t al-d}uh}a>, No. 1286
[7] S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h al-Musa>firi>n, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a>, No. 79.
[8]S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h limusa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a> wa an aqallaha> rak’atain wa akmaluha> thaman, No. 1175
[9] S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>h limusa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b Istih}ba>b S}ala>h ad}-D}uh}a> wa an aqallaha> rak’atain wa akmaluha> thaman, No. 1176
[10] Sunan Ibnu Ma>jah, Kita>b Iqoma>h lis}ala>h wa li sunnati fi>ha>, Ba>b Ma> Ja>’a fi> s}alat al-d}uh}a>, No. 1371
[11]Musnad Ah}mad, Kita>b Baqiya Musnad li Ans}a>r, Bath li Sayyidah ‘Aisyah, No. 23317[12]Musnad Ah}mad, Kita>b Baqiya Musnad li Ans}a>r, Bath li Sayyidah ‘Aisyah, No. 23497
[13]Musnad Ah}mad, Kita>b Wa min musnad Bani> Hashim, Ba>b Bida>yah musnad ‘Abdullah bin ‘Abbas, No.1946
[14]Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta : PT. Hidakarya Agung, 1990), 242.
[15]Wahbah Az-Zuhaili, Fiqih Islam 2, terj. Abdul Hayyie et.al, (Jakarta : gema Insani, 2010), 200.
[16]Ibid, 231.
[17]Az-Zuhaili, Fiqih Islam 2.,231.
[18] S}ahi>h Muslim, Kita>b Shalah li Musa>firi>n wa qas}ruha>, Ba>b S}alah li Awwabi>n h}i>na Tarmid}u al-Fis}a>l, No. 1237
[19]Musnad Ah}mad, Kita>b Baqiya Musnad Li Ans}a>r, Ba>b Baqiya Li Musnad sabaq, No. 25084
[20]Sunan Al-Tirmidhi>, Kita>b Al-S}ala>h, Ba>b Ma> Ja>’a Fi> S}ala>h al-d}uh}a>, No. 435
[21] Sunan Abi Da>wud, Kita>b S}ala>t, Ba>b S}ala>t D}uh}a>, No. 1287
[22]S}ahi>h Muslim, Kita>b S}ala>t li Musa>firi>n wa Qas}ruha>, No. 1181
[23]Sunan Al-tirmidhi>, Kita>b Al-S}ala>h, Ba>b Ma> Ja>’a Fi> S}ala>h al-d}uh}a>, No. 435
[24]Nama lengkap at-Tirmidzi adalah Abu Isa Muhammad ibn Isa ibn Saurah ibn Musa ibn Dhahar as-Sulamy al-Bughy at-Tirmidzi (w. 279 H).
[25]QS. Ash-Shams (91) : 1
[26]QS. Ad-D}uh}a> (93) : 1
Previous
Next Post »
Thanks for your comment