Yasin sebagai Jantung Qur'an



1.      Pendahuluan
Dengan menyadari bahwa  Al Qur’an, firman suci Illahi itu sebenarnya untuk kita, bukan untuk Tuhan, maka pada saat kita membacanya, sebenarnya kita sedang berdialog dengan Allah. Karena seperti kata Ja’far al-S}adiq :
لقد تجلّ الله تعالى فى كتابه لعباده ولكن لا يبصرون
“Sesungguhnya Allah itu menampakkan diri Nya kepada hamba-hamba Nya dalam Kitab Nya, tetapi mereka tidak melihat”.[1]
 

Dan sebagaimana Al Qur’an, alam semesta sebagai alam besar maupun diri kita sebagai alam kecil, merupakan ayat-ayat atau tanda-tanda Tuhan yang juga mesti kita baca. Dengan demikian kita bisa berjumpa dengan Allah melalui pemahaman kita atas ayat-ayat Nya di dalam alam semesta.
Membaca Al Qur’an di sini berarti juga kita membaca diri kita sendiri dan juga alam semesta. Karena sebagaimana Al Qur’an, keduanya adalah ayat-ayat Allah yang juga mesti kita baca. Disanalah kita sedang berdialog dengan Nya, karena semua alam, kata seorang sufi adalah Kitab Illahi.[2]
Ya> Si>n merupakan salah satu julukan yang diberikan kepada Nabi Muhammad. Ya  juga singkatan dari “ya insan”, yang berarti ‘hai manusia”. Surah ini ditujukan kepada penduduk Ant}akiyah yang kepada mereka Nabi Isa mengirim beberapa utusan. Istilah “keluarga Ya>si>n” berarti keluarga Nabi Muhammad (ahlulbait). Surah ini diawali dengan seruan kepada manusia yang ingin mengikuti Nabi, dan yang memiliki ikatan langsung dengan risalah kenabian.[3]
Diantara kekhususan surat ini adalah tidaklah seseorang membaca surat ini dalam keadaan sulit kecuali Allah akan memberikan kemudahan kepadanya. Dan seperti halnya ketika surat ini dibacakan terhadap orang yang menjelang kematiannya maka akan turun kepadanya rahmat dan keberkahan dan untuk memberikan kemudahan keluarnya ruh dari jasadnya.
2.      Setting Historis
Al Qur’an adalah kitab kehidupan. Maksudnya, dalam al Qur’an ada petunjuk agar hidup kita menjadi lebih hidup. Orang yang sudah meninggal tidak mungkin dapat membaca kehidupan, apalagi memahami makan dan ajarannya. Hadits yang menyatakan bahwa Ya>si>n adalah jantung al Qur’an menjadi dasar kebiasaan membaca surat Ya>si>n lebih sering daripada membaca surat yang lain. Karena di dalam Ya>si>n telah mencakup 3 aspek inti serta pusat dari al Qur’an. Ya>si>n mengandung nasehat yang luar biasa mengenai hidup dan matinya manusia.
3.      I'tibar Sanad
1.      Ya>si>n sebagai jantung Qur'an
حَدَّثَنَا عَارِمٌ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَقَرَةُ سَنَامُ الْقُرْآنِ وَذُرْوَتُهُ نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا وَاسْتُخْرِجَتْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ فَوُصِلَتْ بِهَا أَوْ فَوُصِلَتْ بِسُورَةِ الْبَقَرَةِ وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الْآخِرَةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ وَاقْرَءُوهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ
Telah bercerita kepada kami ‘A>rim, telah menceritakan kepada kami Mu’tamir, dari ayahku dari seorang laki-laki dari ayahnya Ma’qil bin Yasa>r.  Sesungguhnya Rasullah saw bersabda : surat Al Baqarah Qur’an dan setiap ayat yang diturunkan dari ayat-ayat al-Baqarah terdapat 80 malaikat dan diturunkannya La ilaha illallah huwal hayyul Qayyum dari al-‘Arsh kemudian dipertemukan dengan surat Al Baqarah dan surat Ya>si>n adalah jantung Al Qur’an dan tidaklah seseorang membacanya  dengan kehendaknya Allah melainkan diampuni Allah, dan bacakanlah surat Ya>si>n kepada orang-orang yang menjelang kematian di sekitarmu.

حدثنا قتيبة و سفيان بن وكيع قالا : حدثنا حميد بن عبد الرحمن الرؤاسي عن الحسن بن صالح عن هارون أبي محمد عن مقاتل بن حيان عن قتادة عن أنس قال : قال النبي صلى الله عليه و سلم : إن لكل شيء قلبا وقلب القرآن يس ومن قرأ يس كتب الله له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرات
 قال أبو عيسى : هذا حديث غريب لا نعرفه إلا من حديث حميد بن عبد الرحمن وبالبصرة لا يعرفون من حديث قتادة إلا من هذا الوجه و هارون أبو محمد شيخ مجهول
حدثنا أبو موسى محمد بن المثنى حدثنا أحمد بن سعيد الدارمي حدثنا قتيبة عن حميد بن عبد الرحمن بهذا
 وفي الباب عن أبي بكر الصديق ولا يصح من قبل إسناده إسناده ضعيف
Telah bercerita kepada kami Qutaibah dan Sofya>n bin Waki>, mereka berdua berkata: Telah bercerita kepada kami H}amid bin ‘Abdu rah}man ar-Ru’a}si dari H}asan bin S}alah dari Harun Abi Muhammad dari Maqa>til bin H}ayan dari Qata>dah dari Anas berkata : “Rasulullah saw bersabda: : Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur'an sepuluh kali

أخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن عمر النحاس ثنا أحمد بن إبراهيم بن جامع ثنا علي بن عبد العزيز ثنا قتيبة بن سعيد ثنا حميد بن عبد الرحمن عن حسن بن صالح عن هارون أبي محمد عن مقاتل بن حيان عن قتادة عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم  إن لكل شيء قلبا وإن قلب القرآن يس فمن قرأ يس كتب له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرار
Telah mengabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘abdu Rahman bin umar an-nuh>}as telah mengabarkan pada kami Ahmad bin Ibrahim bin Jami’ telah mengabarkan pada kami Ali bin Abdul Aziz telah mengabarkan pada kami Qutaybah bin Sa’id telah mengabarkan pada kami H}amid bin Abdu Rahman dari H}asan bin S}alah dai Harun Abi Muhammad dari Muqa>til bin H}aya>n dari Qata>dah bin Anas berkata: Rasullah saw bersabda : “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur'an sepuluh kali

2.      Pembacaan surat yasin saat sakaratul maut
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا على بن إسحاق ثنا عبد الله وعتاب ثنا عبد الله بن المبارك أنا سليمان التيمي عن أبي عثمان وليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : اقرءوها على موتاكم قال على بن إسحاق في حديثه يعني يس
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف لجهالة أبي عثمان وأبيه
Telah bercerita kepada kami Abdullah, telah bercerita padaku ayahku telah mengabarkan pada kami Ali bi Ish}>aq telah mengabarkan pada kami ‘Abdullah dan At>ab telah mengabarkan pada kami Abdullah bin Al-Muba>rak telah mengabarkan pada kami Sulaiman al-Yati>mi> dari Uthman, dan ‘Uthman tidak bersama An-Nahdi> ,dari ayahnya dari ma’qil bin Yasa>r berkata: Rasullah saw bersabda : Bacakanlah kepada orang yang akan mati di antara kamu. Ali bin ishaq dalam hadithnya berkata : Yaitu surat Ya>si>n.


حدثنا أبو عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
 أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Telah bercerita kepada kami Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah as}-S}afar telah mengabarkan pada kami H}asan bin Ali bin Buh}ra al Ba>ri> telah mengabarkan pada kamiA>rim bin al Fadhil Abu Nu’man telah mengabarkan pada kami Abdullah bin Al Muba>rak dari Sulaiman al-Yati>mi> dari Abi ‘Uthman dan bukanlah ‘Uthman bersama an-Nahdi> dari ayahnya dari Ma’qil bin Yasa>r r.a. berkata: Rasullah saw bersabda : surat Ya>si>n Bacakanlah kepada orang yang akan mati di antara kamu".

حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا عارم ثنا عبد الله بن المبارك ثنا سليمان التيمي عن أبي عثمان وليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : اقرءوها على موتاكم يعني يس
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف لجهالة أبي عثمان وأبيه
Telah bercerita kepada ‘Abdullah telah bercerita kepadaku ayahku telah mengabarkan pada kami ‘Arim telah mengabarkan pada kami Abdullah bin al Muba>rak telah mengabarkan pada kami Sulaiman al yati>mi> dari Abi uthman dan Abu Uthman tidak bertemu dengan An Nahdi dari ayahnya dari Ma’qil bin Yasa>r berkata:  Rasullah saw bersabda : Bacakanlah kepada orang yang akan mati di antara kamu, yakni surat Ya>si>n

3.      Pahala bagi yang membaca Ya>si>n
وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ : حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عَطِيَّةَ الصَّفَّارُ الْمِصْرِيُّ ، عَنْ هَارُونَ بْنِ كَثِيرٍ ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ , رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم : مَنْ قَرَأَ يَسْ يُرِيدُ بِهَا وَجْهَ اللهِ غُفِرَ لَهُ ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ مَرَّةً ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ وَهُوَ فِي سَكَرَاتِ الْمَوْتِ جَاءَ رِضْوَانُ خَازِنُ الْجَنَّةِ بِشَرْبَةٍ مِنْ شَرَابِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَسْقِيَهُ وَهُوَ عَلَى فِرَاشِهِ حَتَّى يَمُوتَ رَيَّانَ ، وَيُبْعَثُ رَيَّانَ.
هذا إسناد ضعيف ، لضعف هارون بن كثير.
وقد تقدم في كتاب الوصايا في باب وصية النبي صَلى الله عَلَيه وسَلَّم لعلي بن أبي طالب ضمن حديث طويل بسند ضعيف : يا علي ، واقرأ يس , فإن في يس عشر بركات : ما قرأها جائع إلا شبع ، ولا ظمآن إلا روي ، ولا عار إلا اكتسى ، ولاعزب إلا تزوج ، ولا خائف إلا أمن ، ولا مسجون إلا فرج ، ولا مسافر إلا أعين على سفره ، ولا من ضلت ضالته إلا وجدها ، ولا مريض إلا برأ ، ولا قريب عند ميت إلا خفف عنه
Ah}mad bin Mani’ berkata: Telah bercerita kepada kami Yusuf bin ‘Atiyyah as}- S}afar al-mis}riy dari Harun bin Kathir dari Zaid bin Aslam dari ayahnya dari Abi Umamah dari ‘Ubay bin Ka’ab r.a berkata : Rasullah saw bersabda :

حدثنا محمد بن موسى القطان الهمداني ببغداد مموس حدثنا محمد بن حفص الأنصاري الحمصي حدثنا سعيد بن موسى الأزدي الحمصي حدثنا رباح بن زيد الصنعاني عن معمر عن الزهري عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم  من داوم على قراءة يس كل ليلة ثم مات مات شهيدا لم يروه عن الزهري الا معمر ولا عنه إلا رباح تفرد به سعيد
Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Musa al qat}an al-Hamdani di Baghdad, telah bercerita kepada kami Muhammad bin Hafs}a al-Ans}ari al-Humus}i, telah bercerita kepada kami Sa’id bin Musa al-Azdi al-Humus}i, telah bercerita kepada kami Rubbah bin Zaid as}-S}an’ani dari Ma’mar dari Zuhri dari Anas bin Malik berkata: Rasullah saw bersabda : Siapa yang terus menerus membaca surat Ya>si>n pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid

حدثنا عمرو بن زرارة ثنا عبد الوهاب ثنا راشد أبو محمد الحماني عن شهر بن حوشب قال قال بن عباس  من قرأ يس حين يصبح أعطي يسر يومه حتى يمسي ومن قرأها في صدر ليلة أعطي يسر ليلته حتى يصبح
Telah bercerita kepada kami ‘Umar bin Zara>rah telah mengabarkan pada kami ‘Abdul waha>b telah mengabarkan pada kami Ras}id Abu Muhammad al-hama>ni> dari shahra bin h}aushab berkata: Rasullah saw bersabda : Siapa yang membaca surat Yasin di pagi hari maka akan dimudahkan (untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di awal malam (sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi".

حدثنا محمد بن نصر نا محمد بن حفص الأوصابي نا سعيد بن موسى الأزدي ثنا رباح بن زيد الصنعاني عن معمر عن الزهري عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من داوم على قراءة يس كل ليلة ثم مات مات شهيدا لم يرو هذا الحديث عن الزهري إلا معمر ولا عن معمر إلا رباح ولا عن رباح إلا سعيد بن موسى تفرد به بن حفص
Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Nas}r  telah mengabarkan pada kami Muhammad bin Hafs}a al-Aws>}abi> telah mengabarkan pada kami  Sa’id bin Mu>sa> al-Azdi> telah mengabarkan pada kami Rubbah bin Zaid as}-S}an’ani dari Ma’mar dari Az-zuhr>i dari Anas bin Ma>lik berkata: Rasullah saw bersabda : Siapa yang terus menerus membaca surat Yasin pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid".
أخبرنا علي بن أحمد بن عبدان أنا أحمد بن عبيد الصفار ثنا المعتمر عن طالوت بن عباد ثنا سويد أبو حاتم عن أبي سليمان التيمي عن أبي عثمان أن أبا هريرة قال : من قرأ يس مرة فكأنما قرأ القرآن عشر مرات و قال أبو سعيد : من قرأ يس مرة فكأنما قرأ القرآن مرتين قال أبو هريرة : حدثت أنت بما سمعت و أحدث أنا بما سمعت
Telah mengabarkan kepada kami ‘Ali bin Ahmad bin ‘Abdan telah mengabarkan pada kami Ahmad bin ‘Abid as}-s}afar telah mengabarkan pada kami Al-Mu’tamar dari T}alut} bin ‘Iba>d telah mengabarkan pada kami Suwaid Abu H>}a>tim dari Abi sulaiman al-yati>mi> dari Abi Uthman dari Abi Hurairah berkata: Rasullah saw bersabda: siapa yang membaca surat Ya>si>n satu kali maka seolah-olah ia membaca qur’an 10 kali, dan Abu Sa’>id berkata : siapa yang membaca Ya>si>n satu kali, maka seolah-ola ia membaca Qur’an dua kali, Abu Hurairah berkata: engkau menceritakan seperti apa yang kau dengar, dan aku menceritakan sesuai dengan yang aku dengar.  

4.      Keutamaan Ya>si>n disisi Allah
أخبرنا أبو نصر بن قتادة أنا أبو العباس الضبعي ثنا الحسن بن علي بن زياد ثنا إسماعيل بن أبي أويس ح و أخبرنا أبو ذر عبد بن أحمد بن محمد المالكي بمكة ثنا أبو عبد الله بشر بن محمد بن عبد الله المزني أنا محمد بن عبد الرحمن الشامي ثنا إسماعيل بن أبي أويس ثنا محمد بن عبد الرحمن بن أبي بكر الجدعاني من قريش من بني تميم من أهل مكة عن سليمان بن مرقاع الجندي عن هلال عن الصلت أن أبا بكر الصديق رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم :
 سورة يس ( تدعى من التوراة ) في التوراة تدعى المعمة قيل و ما المعمة ؟ قال : نعم صاحبها بخير الدنيا و الآخرة و تكابد عنه بلوى الدنيا و تدفع عنه أهوال الآخرة و تدعى الدافعة القاضية تدفع عن صاحبها كل سوء و تقضي له كل حاجة من قرأها عدلت له عشرين حجة و من سمعها عدلت له ألف دينار في سبيل الله من كتبها ثم شربها أدخلت جوفة ألف دواء و ألف نور و ألف يقين و ألف بركة و ألف رحمة و نزعت عنه كل غل و داء
 تفرد به محمد بن عبد الرحمن هذا عن سليمان و هو منكر
حدثنا عبدوس بن ديزويه الرازي قال حدثنا ابراهيم بن المنذر الحزامي قال حدثنا ابراهيم بن المهاجر بن مسمار قال حدثنا عمر بن حفص بن ذكوان عن مولى الحرقة عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ان الله قرأ طه و يس قبل ان يخلق آدم بألف عام فلما سمع الملائكة القرآن قالوا طوبى لأمة نزل هذا عليها وطوبى لأجواف تحمل هذا وطوبى [ ص 134 ] لألسن تكلم بهذا لم يرو هذا الحديث عن النبي صلى الله عليه و سلم إلا بهذا الإسناد تفرد به إبراهيم بن المنذر
4.      Tema
        Surah Ya>si>n (يس) adalah surah ke-36 dalam Al Qur'an. Surah ini terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Al-Jinn. Dinamai Ya>si>n karena dimulai dengan huruf Ya> dan Sin. Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al Qur’an, maka demikian pula arti Ya>si>n yang terdapat pada ayat permulaan surah ini, yaitu Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal-hal yang penting antara lain: Allah bersumpah dengan Al Qur’an bahwa Muhammad SAW benar-benar seorang rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka rasul-rasul.
                        Pokok-pokok isi yang terkandung di dalam surat Ya>si>n diantaranya adalah :
1.    Keimanan: Bukti-bukti adanya hari berbangkit, Al Qur’an bukanlah syair,          ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah, surga dan sifat-sifatnya yang disediakan bagi             orang-orang mukmin, mensucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya,        anggota badan manusia menjadi saksi pada hari kiamat atas segala perbuatannya di     dunia.
2.    Kisah: Kisah Nabi Isa a.s dengan penduduk Ant}akiyah.
3.    Dan lain-lain: Tidak ada faedah peringatan bagi orang-orang musyrik, Allah       menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, semua bintang-bintang di         cakrawala berjalan pada garis edar yang telah ditetapkan Allah, ajal dan hari   kiamat datangnya secara tiba- tiba, Allah menghibur hati Rasulullah SAW terhadap       sikap kaum musyrikin yang menyakitkan hatinya.
Surah ini mempunyai kedudukan tersendiri dalam tradisi kehidupan sebagian umat Islam. Meskipun keabsahan tradisi tersebut diperdebatkan, surah yasin sering dibaca          pada waktu-waktu tertentu seperti ketika seseorang sedang menghadapi sakratul maut, malam Jumat, malam Nisfu Sya'ban, tahlil, dan lain sebagainya.

1.      Ya>si>n sebagai jantung Qur'an
يس والقران الحكيم إنّك لمن المرسلين
                        Tiga ayat tersebut di atas merupakan sumpah dan pengakuan tegas Allah    kepada orang-orang yang mengingkari kerasulan dan kenabian Muhammad         SAW.  Bahwa             sesungguhnya beliau adalah salah satu dari rasul-rasulNya.
Sebagian ahli Tafsir menafsirkan kata “الحكيم” dengan makna المحكم yang artinya kitab yang memiliki kandungan yang sempurna dari yang Maha Sempurna, kandungan yang berisi ilmu dan pengetahuan yang sangat luar biasa tingginya. Dan di dalam     ayat ini Allah telah bersumpah: "Demi Al-Quran yang mengandung hikmah. Dan sesungguhnya engkau ya Muhammad adalah sebagian dari rasul-rasul. Kemudian muncul pertanyaan kenapa surat Ya>si>n dinyatakan sebagai jantung Al              Quran?
Pertanyaan tersebut di
atas sebenarnya masih berhubungan dengan 3 ayat yang telah kita bahas tadi. Di dalam tafsir H}amamy terdapat sebab-sebab turunnya ayat ini yang menjadi satu alasan "kenapa surah Ya>si>n menjadi jantungnya Al-Quran?
Terungkap didalam tafsir
H}amamy sebab turunnya ayat ini berhubungan dengan penghinaan orang-orang kafir terhadap nabi Muhammad SAW. Al-kisah : beberapa orang kafir mengejek, memaki, dan menghina nabi Muhammad SAW. Lalu mereka berkata : “sesungguhnya Muhammad bukanlah seorang nabi dan bukanlah seorang         rasul, dia hanyalah yatim Abi T}alib, dia hanyalah seorang penganggur, dia orang yang tidak punya pekerjaan, dia tidak pernah menutut ilmu dimanapun, ”bagaimana Muhammad bisa menjadi seorang nabi dan rasul?”
Begitulah ungkapan orang orang kafir terhadap Nabi Muhammad SAW, Bahkan mereka terus-menerus mengingkari kerasulan dan kenabian nabi Muhammad SAW. Alangkah terpukulnya Nabi Muhammad SAW saat itu. Al-kisah, Allah SWT menolak ucapan orang-orang kafir tersebut. Dan menurunkan 3 ayat ini : "
يس والقران الحكيم إنّك لمن المر سلين          ". Yang artinya: “demi Al Quran yang mengandung hikmah, sesungguhnya engkau wahai Muhammad, adalah sebagian salah satu diantara rasul-rasul.
Kemudian Allah bersumpah dan menyaksikan dengan zat Nya atas kerasulan dan kenabian Muhammad SAW. Lalu Allah Berkata : “Ya Muhammad, sengguhnya orang kafir telah mengingkari kerasulan dan kenabianmu, maka janganlah engkau bersedih atas ucapan mereka. Hari ini aku bersumpah demi Al-Quran yang mengadung hikmah dan Aku bersaksi bahwa engkau adalah sebagian dari rusul-rasul Ku.[4]
Dalam sebuah hadits disebutkan :
أخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن عمر النحاس ثنا أحمد بن إبراهيم بن جامع ثنا علي بن عبد العزيز ثنا قتيبة بن سعيد ثنا حميد بن عبد الرحمن عن حسن بن صالح عن هارون أبي محمد عن مقاتل بن حيان عن قتادة عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن لكل شيء قلبا وإن قلب القرآن يس فمن قرأ يس كتب له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرار
“Telah mengabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘abdu Rahman bin ‘umar an-nuh>}as telah mengabarkan pada kami Ahmad bin Ibrahim bin Jami’ telah mengabarkan pada kami ‘Ali bin Abdul ‘Aziz telah mengabarkan pada kami Qutaybah bin Sa’id telah mengabarkan pada kami H}amid bin Abdu Rahman dari H}asan bin S}alah dai Harun Abi Muhammad dari Muqa>til bin H}aya>n dari Qata>dah bin Anas berkata: Rasullah saw bersabda : “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur'an sepuluh kali

Surah Ya>si>n merupakan jantung Al Qur’an (qalb al Qur’an). Ia sering dibacakan kepada orang meninggal, dan karenanya ia penting bagi orang hidup. Jika manusia ingin mengetahui makna kehidupan, ia harus mengalami kematian, karena manusia berasal dari alam non fisik dan segera akan kembali ke alam tersebut. Ilmu didasarkan atas hal-hal yang saling bertentangan. Pemahaman manusia terhadap ilmu tergantung pada kondisi hatinya. Jika hatinya murni dan terbuka, maka ia akan melihat kesempurnaan dalam setiap kehidupan yang ia hadapi. Al Qur’an memperkenankan manusia untuk memahami hal-hal yang tidak dapat dimengerti.
Surat Ya>si>n juga berkenaan dengan Nabi Muhammad, dan ditujukan langsung kepada para pembawa risalah tauhid yang terus menyebarkannya. Siapa pun yang menerima sepenuhnya risalah tauhid, ia dianggap sebagai seorang wakil (khalifah) Allah. Ia menjadi seorang hamba sejati yang dilepaskan dari perbudakan dengan meleburkan dirinya dan terus berada dalam Tuhannya.[5]
Surah Ya>si>n memberi kita pengajaran yang jelas mengenai jalan-jalan Allah. Surah ini mengandung gambaran yang menyeluruh tentang tauhid, tentang sifat Yang Maha Wujud, tentang hukum-hukum  yang mengatur kehidupan dan tentang tingkat kebebasan manusia sebagai makhluk jasmani rohani.[6]

2.      Pahala bagi yang membaca Ya>si>n :
Dalam Al Qur’an kita mendapatkan bahwa amal baik yang dilakukan dengan niat ikhlas, tanpa mengharapkan balas jasa, akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Amal jelek sebaliknya, menghasilkan balasan yang nilainya setimpal.
       Dalam hadits disebutkan sebagai berikut :
وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ : حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عَطِيَّةَ الصَّفَّارُ الْمِصْرِيُّ ، عَنْ هَارُونَ بْنِ كَثِيرٍ ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ , رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم : مَنْ قَرَأَ يَسْ يُرِيدُ بِهَا وَجْهَ اللهِ غُفِرَ لَهُ ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ مَرَّةً ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ وَهُوَ فِي سَكَرَاتِ الْمَوْتِ جَاءَ رِضْوَانُ خَازِنُ الْجَنَّةِ بِشَرْبَةٍ مِنْ شَرَابِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَسْقِيَهُ وَهُوَ عَلَى فِرَاشِهِ حَتَّى يَمُوتَ رَيَّانَ ، وَيُبْعَثُ رَيَّانَ.
هذا إسناد ضعيف ، لضعف هارون بن كثير.
وقد تقدم في كتاب الوصايا في باب وصية النبي صَلى الله عَلَيه وسَلَّم لعلي بن أبي طالب ضمن حديث طويل بسند ضعيف : يا علي ، واقرأ يس , فإن في يس عشر بركات : ما قرأها جائع إلا شبع ، ولا ظمآن إلا روي ، ولا عار إلا اكتسى ، ولاعزب إلا تزوج ، ولا خائف إلا أمن ، ولا مسجون إلا فرج ، ولا مسافر إلا أعين على سفره ، ولا من ضلت ضالته إلا وجدها ، ولا مريض إلا برأ ، ولا قريب عند ميت إلا خفف عنه
Segala sesuatu dalam alam diatur menurut hukum alam, dan sang pemberi hukum ini adalah Allah. Pintu menuju Allah adalah dengan memahami dan mengikuti hukum-hukum Nya baik secara lahiriah maupun batiniah. Orientasi lahiriah saja tidak cukup. Pola luar hanya menyediakan petunjuk-petunjuk dan informasi, bukan ilmunya sendiri.  Allah berfirman dalam hadis qudsi, “Aku tidak berada di langit maupun di bumi, tetapi Aku berada di hati orang yang beriman”.   Sayyidina Abu Bakar Shidiq, Sayyidina Umar bin K}atab, dan Imam Ali bin Abi T}alib serta para sahabat utama, adalah orang yang sering menangis ketika membaca Al Qur’an. Mereka menangis karena paham. Tak sekedar paham, mereka pun memantulkan teguran Al Qur’an dengan perilaku dirinya. Inilah yang dimaksudkan Surat Maryam ayat 58 :
y7Í´¯»s9'ré& z`ƒÏ%©!$# zNyè÷Rr& ª!$# NÍköŽn=tã z`ÏiB z`¿ÍhŠÎ;¨Y9$# `ÏB Ïp­ƒÍhèŒ tPyŠ#uä ô`£JÏBur $oYù=yJym yìtB 8yqçR `ÏBur Ïp­ƒÍhèŒ tLìÏdºtö/Î) Ÿ@ƒÏäÂuŽó Î)ur ô`£JÏBur $uZ÷ƒyyd !$oYøu;tGô_$#ur 4 #sŒÎ) 4n?÷Gè? ÷LÏiøn=tæ àM»tƒ#uä Ç`»uH÷q§9$# (#ryz #Y£Úß $|Å3ç/ur

Artinya :
       “Mereka itu adalah orang-orang yang Telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang Telah kami beri petunjuk dan Telah kami pilih. apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, Maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.”
Pada hadis tersebut disebutkan beberapa keutamaan bagi siapa yang membaca Ya>si>n. Apabila dalam membaca Al Qur’an diimbangi dengan introspeksi diri lalu bertaubat, apalagi dengan tangis penuh pengharapan, maka insya allah, Allah akan mengampuni segala dosa kita. 

3.      Ya>si>n saat sakaratul maut
حدثنا أبو عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
 أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Di antara kebiasaan sebagian kaum muslimin di dunia Islam, mereka membaca surat Yasin untuk meringankan proses naza’ (sakaratul maut). Sebagian menolak ini dan menganggapnya sebagai amalan bid’ah dhalalah. Sebagian lain membolehkannya, bahkan menganjurkannya. Sama dengan hal ini, yakni membacanya ketika sudah wafat baik dengan tujuan meringankannya atau mengirim pahala bacaannya, baik di baca di sisi mayit atau di kubur.
Mautakum (موتا كم) berarti orang yang sedang menghadapi kematian, bukan orang sudah wafat. Imam Ibnu Hajib mengatakan, maksud hadits ini adalah ketika orang tersebut menjelang wafat, bukan mayit yang dibacakan Al Quran.[7]
Hadith di atas memerintahkan untuk membacakan surat Ya>si>n kepada orang yang akan meninggal agar dimudahkan proses sakaratul mautnya. Para ulama banyak yang meyakini kebenaran hadits ini, bahwa membacakan Ya>si>n untuk orang yang akan meninggal akan mempemudahnya dalam sakaratul maut, dengan beberapa syarat. Syarat utamanya adalah bahwa yang bersangkutan memahami isi surat Ya>si>n, karena itu ketika mendengarkan bagian demi bagian surat Ya>si>n ia seperti mendapat petunjuk tentang bagaimana mmemasrahkan diri kepada Allah. Pada saat sakaratul maut biasanya kita akan measa sangat cemas mengenai nasib kita, juga mengenai nasib keturunan kita setelah meninggal. Ayat-ayat surat Ya>si>n dengan mantap menegaskan bila kita baik, maka surga akan menunggu kita. Kemudian surat Ya>si>n juga menegaskan bahwa Al Aziz terus menerus menundukkan alam bagi kebahagiaan manusia beriman. Kedua informasi ini akan membuat seseorang yang sedang sakaratul maut merasa tenang dan siap menghadapi mati.[8]
Perlu diketahui, anjuran membaca surat Ya>si>n dihadapan orang yang sedang sakaratul maut adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Hal ini dikatakan oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah sebagai berikut:
وقال الجمهور: يندب قراءة {يس} لحديث «اقرؤوا على موتاكم يس» واستحسن بعض متأخري الحنفية والشافعية قراءة {الرعد} أيضا ً، لقولجابر: «إنها تهون عليه خروج روحه»
والحكمة من قراءة {يس} أن أحوال القيامة والبعث مذكورة فيها، فإذا قرئت عنده، تجدد له ذكر تلك الأحوال.
Jumhur ulama mengatakan: disunnahkan membaca Ya>si>n, lantaran hadits: Bacalah oleh kalian kepada orang yang menghadapi sakaratul maut, surat Ya>si>n. Sebagian ulama muta’akhirin dari kalangan Hanafiah dan Syafi’iyah juga memandang baik membaca surat Ar Ra’du, dengan alasan perkataan Jabir: “Hal itu bisa meringankan ketika keluarnya ruh.”
Hikmah dibacakannya surat Ya>si>n adalah bahwa peristiwa kiamat dan hari kebangkitan disebutkan di dalam srat tersebut. Maka, jika dibacakan di sisinya hal itu bisa memperbarui ingatannya terhadap peristiwa-peristiwa tersebut.[9]
Jadi inilah obat yang kita peroleh dari surah Ya>si>n .mereka yang belum mendapatkannya dalam hidup ini pada akhirnya pun akan mendapatkannya ketika mati. Itulah mengapa surah ini dibaca ketika seorang muslim meninggal, dengan harapan jiwa (ruh) nya ingat atau bergaung dengan realitas asalnya serta berdzikir terhadap apa yang telah mendarah daging dengannya.[10]

5.      Kritik Hadits
حدثنا أبو عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
 أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Dengan dimasukannya hadits ini dalam kitab Shahih-nya Imam Ibnu Hibban, maka menurutnya hadits ini adalah shahih. Hal ini juga ditegaskan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani.[11]Sementara, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani mendhaifkan hadits ini.[12]
Imam Ash Shan’ani menjelaskan, bahwa Imam Ibnul Al Qaththan menyatakan adanya cacat pada hadits ini yakni idhthirab (goncang), dan mauquf (hanya sampai sahabat nabi), dan terdapat rawi (periwayat) yang majhul (tidak dikenal) yakni Abu Utsman dan ayahnya. Sementara, Imam Ibnul ‘Arabi mengutip dari Imam Ad Daruquthni, yang mengatakan bahwa hadits ini sanadnya mudhtharib (goncang), majhulul matni (redaksinya tidak dikenal), dan tidak shahih satu pun hadits dalam bab ini (tentang Yasin).[13]
Namun demikian, kelemahan hadits ini diperkuat oleh riwayat lainnya.Imam Ahmad dalam Musnad-nya, mengatakan, telah berkata kepada kami Abul Mughirah, telah berkata kepada kami Shafwan, katanya: “Dahulu para masyayikh (guru) mengatakan jika dibacakan surat Yasin di sisi mayit, maka itu akan meringankannya.”
Pengarang Musnad Al Firdaus telah menyandarkan riwayat ini, dari Abu Darda’ dan Abu Dzar, mereka mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidaklah seorang mayit meninggal lalu dibacakan surat Yasin di sisinya, melainkan Allah Ta’ala akan memudahkannya.”
Lalu, Imam Ash Shan’ani mengatakan, bahwa dua riwayat inilah yang menguatkan penshahihan yang dilakukan Imam Ibnu Hibban, yang maknanya adalah menjelang kematian (bukan dibaca sesudah wafat, pen), dan dua riwayat ini lebih jelas dibanding riwayat yang dijadikan dalil olehnya.[14]

6.      Pesan Moral
Hidup yang singkat ini hanya sebuah mata rantai dari rantai kehidupan. Sebelum kehidupan ini, ada suatu pola kehidupan, setelah kehidupan dunia ini pun, ada pola kehidupan lain. Periode sembilan bulan dalam kandungan menghubungkan kita dengan alam ini. Tidur setelah mati, menghubungkan kita dengan alam kemudian. Seperti yang dilukiskan oleh ayat ;
(#qä9$s% $uZn=÷ƒuq»tƒ .`tB $uZsVyèt/ `ÏB 2$tRÏs%ö¨B 3 #x»yd $tB ytãur ß`»oH÷q§9$# šXy|¹ur šcqè=yößJø9$# ÇÎËÈ  
Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! siapakah yang membangkitkan Kami dari tempat-tidur Kami (kubur)?". Inilah yang dijanjikan (tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya).[15]

Apakah orang ingat jelas pengalaman ketika dalam kandungan? Demikian pula, kita tidak dapat membayangkan keadaan yang belum kita alami nanti yang akan menjadi tempat kembali kita.
        Hadith Ya>si>n yang dianggap palsu berkisar mengenai hal-hal berikut ini; (1) bila membaca surat Ya>si>n pada malam hari, sewaktu bangun pagi hari akan diampuni dosanya (2) bila seorang membaca surat Ya>si>n setiap malam, kemudian ia mati, maka matinya adalah mati syahid (3) Siapa membaca surat Ya>si>n satu kali, sama pahalanya dengan membaca Al Qur’an dua kali (4) siapa mambaca surat Ya>si>n satu kali, sama dengan membaca Al Qur’an sepuluh kali (5) siapa membaca Ya>si>n di sisi orang yang akan meninggal, maka yang akan meninggal itu dimudahkan sakaratul mautnya.
Sementara hadits-hadits lemah memberikan informasi bahwa surat Ya>si>n memiliki keutamaan seperti: (1) siapa yang membaca surat Ya>si>n karena mencari ridha Allah, niscaya Allah akan mengampuni dosanya, (2) siapa yang membaca surat Ya>si>n pada permulaan siang, maka akan diluluskan semua hajatnya, (3) siapa yang membaca surat Ya>si>n di pagi hari maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi (4) perintah untuk membacakan surat Ya>si>n kepada orang yang akan mati.
Karena ada aturan syariat bahwa kita bisa merujukkan amal saleh pada hadits “palsu”, maka kita fokuskan saja pada hadits “lemah”. Informasi pada hadits-hadits tersebut adalah benar, asalkan kita mau mengubah cara pandang mengenai makna “mambaca”. Membaca bukanlah melafalkan saja, melainkan merenungi maknaya seraya menjadi isi yang dibaca untuk perbaikan diri.  Jadi membaca memahami. Membaca seperti sedang bercermin, kita berada di hadapan “cermin” Al Qur’an, lalu kita memperbaiki perilaku kita, kebiasaan kita, agar sesuai dengan kepantasan yang dipantulkan Al Qur’an. Beramal dengan hadits-hadits yang dianggap dha’if menurut sebagian ulama diperbolehkan untuk fadha’il amal.







DAFTAR PUSTAKA

Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu. Maktabah Misykah
Imam Ahmad An Nafrawi. Al Fawakih Ad Dawani ‘ Ala Risalati Ibni Abi Zaid Al Qairuwani
Q-Annes, Bambang. The Keys of Yasin Refleksi Surat Yasin Dalam Menjalani Kehidupan. Bandung : Sambiosa Rekatama Media. 2009.
            Haeri, Syekh Fadhlullah. Jantung Al Qur’an. Jakarta ; Serambi Ilmu Semesta. 2000.         
            Gusmian, Islah. Al Qur’an surat Cinta sang Kekasih. Yogyakarta : Pustaka Marwa.2005.


[1] Al Qur’an memang harus dibaca dengan tartil (QS. Al-Muzammil [73] : 4) dan ketika Al Qur’an dibaca,  Tuhan memerintahkan umat Islam untuk mendengarnya dengan baik, dan memperhatikan dengan tenang agar mendapat rahmat (QS. Al A’raf [7] :204).
[2] Islah Gusmian. Al Qur’an surat Cinta sang Kekasih. (Yogyakarta : Pustaka Marwa.2005). hlm 140.
[3] Syekh Fadhlullah Haeri. Jantung Al Qur’an. (Jakarta ; Serambi Ilmu Semesta. 2000). Hlm 15.
                                                       
[5] Syekh Fadhlullah Haeri. Jantung Al Qur’an. (Jakarta ; Serambi Ilmu Semesta. 2000). Hlm 13.
[6] Ibid. hlm 97.
[7] .Imam Ahmad An Nafrawi. Al Fawakih Ad Dawani ‘ Ala Risalati Ibni Abi Zaid Al Qairuwani, hlm 282.
[8] Bambang Q-Annes. The Keys of Yasin Refleksi Surat Yasin Dalam Menjalani Kehidupan. (Bandung : Sambiosa Rekatama Media. 2009). Hlm 111.
[9] Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu. Maktabah Misykah. Hlm , 2/599.
[11] Bulughul Maram. Kitabul Janaiz, no. 437. Cet.1. Darul Kutub Al Islamiyah.
[12] lihat Irwa’ul Ghalil No. 688, Misykat Al Mashabih No. 1622, Dhaif Al Jami’ush Shaghir No. 1072, Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3121, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1448.
[13] Subulus Salam, 3/63. Lihat juga Al Hafizh Ibnu Hajar, Talkhish Al Habir, No. 734, Darul Kutub Al ‘Ilmiyah. Imam Asy Syaukani, Nailul Authar, 4/ 22. Maktabah Ad Da’wah Al Islamiyah
[14] (Subulus Salam, Ibid. At Talkhish Al Habir, Ibid. Nailul Authar, Ibid).

[15] QS Yasin ayat 52.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment