1. Pendahuluan
Dengan
menyadari bahwa Al Qur’an, firman suci
Illahi itu sebenarnya untuk kita, bukan untuk Tuhan, maka pada saat kita
membacanya, sebenarnya kita sedang berdialog dengan Allah. Karena seperti kata
Ja’far al-S}adiq
:
لقد
تجلّ الله تعالى فى كتابه لعباده ولكن لا يبصرون
“Sesungguhnya Allah itu menampakkan diri
Nya kepada hamba-hamba Nya dalam Kitab Nya, tetapi mereka tidak melihat”.[1]
Dan sebagaimana
Al Qur’an, alam semesta sebagai alam besar maupun diri kita sebagai alam kecil,
merupakan ayat-ayat atau tanda-tanda Tuhan yang juga mesti kita baca. Dengan
demikian kita bisa berjumpa dengan Allah melalui pemahaman kita atas ayat-ayat
Nya di dalam alam semesta.
Membaca Al Qur’an di sini berarti juga kita membaca
diri kita sendiri dan juga alam semesta. Karena sebagaimana Al Qur’an, keduanya
adalah ayat-ayat Allah yang juga mesti kita baca. Disanalah kita sedang
berdialog dengan Nya, karena semua alam, kata seorang sufi adalah Kitab Illahi.[2]
Ya> Si>n
merupakan salah satu julukan yang diberikan kepada Nabi Muhammad. Ya juga singkatan dari “ya insan”, yang berarti
‘hai manusia”. Surah ini ditujukan kepada penduduk Ant}akiyah yang kepada mereka Nabi Isa mengirim beberapa utusan.
Istilah “keluarga Ya>si>n” berarti keluarga Nabi Muhammad (ahlulbait). Surah
ini diawali dengan seruan kepada manusia yang ingin mengikuti Nabi, dan yang
memiliki ikatan langsung dengan risalah kenabian.[3]
Diantara
kekhususan surat ini adalah tidaklah seseorang membaca surat ini dalam keadaan
sulit kecuali Allah akan memberikan kemudahan kepadanya. Dan seperti halnya
ketika surat ini dibacakan terhadap orang yang menjelang kematiannya maka akan
turun kepadanya rahmat dan keberkahan dan untuk memberikan kemudahan keluarnya
ruh dari jasadnya.
2. Setting Historis
Al Qur’an adalah kitab kehidupan.
Maksudnya, dalam al Qur’an ada petunjuk agar hidup kita menjadi lebih hidup.
Orang yang sudah meninggal tidak mungkin dapat membaca kehidupan, apalagi
memahami makan dan ajarannya. Hadits yang menyatakan bahwa Ya>si>n adalah jantung al Qur’an menjadi dasar kebiasaan
membaca surat Ya>si>n lebih sering daripada membaca surat yang lain. Karena
di dalam Ya>si>n telah mencakup 3 aspek inti serta pusat dari al
Qur’an. Ya>si>n mengandung nasehat yang luar biasa mengenai hidup dan
matinya manusia.
3. I'tibar Sanad
1.
Ya>si>n sebagai jantung
Qur'an
حَدَّثَنَا
عَارِمٌ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ
مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ الْبَقَرَةُ سَنَامُ الْقُرْآنِ وَذُرْوَتُهُ نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ
مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا وَاسْتُخْرِجَتْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ
الْقَيُّومُ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ فَوُصِلَتْ بِهَا أَوْ فَوُصِلَتْ بِسُورَةِ
الْبَقَرَةِ وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ
اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الْآخِرَةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ
وَاقْرَءُوهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ
Telah
bercerita kepada kami ‘A>rim, telah menceritakan kepada
kami Mu’tamir, dari ayahku dari seorang laki-laki dari ayahnya Ma’qil bin Yasa>r.
Sesungguhnya
Rasullah saw bersabda : surat
Al Baqarah Qur’an dan setiap ayat yang diturunkan dari ayat-ayat al-Baqarah
terdapat 80 malaikat dan diturunkannya La ilaha illallah huwal hayyul Qayyum
dari al-‘Arsh kemudian dipertemukan dengan surat Al Baqarah dan surat Ya>si>n
adalah jantung Al Qur’an dan tidaklah seseorang membacanya dengan kehendaknya Allah melainkan diampuni
Allah, dan bacakanlah surat Ya>si>n kepada orang-orang yang menjelang
kematian di sekitarmu.
حدثنا
قتيبة و سفيان بن وكيع قالا : حدثنا حميد بن عبد الرحمن الرؤاسي عن الحسن بن صالح
عن هارون أبي محمد عن مقاتل بن حيان عن قتادة عن أنس قال : قال النبي صلى الله
عليه و سلم : إن لكل شيء قلبا وقلب القرآن يس ومن قرأ يس كتب الله له
بقراءتها قراءة القرآن عشر مرات
قال أبو عيسى : هذا حديث غريب لا نعرفه إلا من
حديث حميد بن عبد الرحمن وبالبصرة لا يعرفون من حديث قتادة إلا من هذا الوجه و
هارون أبو محمد شيخ مجهول
حدثنا
أبو موسى محمد بن المثنى حدثنا أحمد بن سعيد الدارمي حدثنا قتيبة عن حميد بن عبد
الرحمن بهذا
وفي الباب عن أبي بكر الصديق ولا يصح من قبل
إسناده إسناده ضعيف
Telah
bercerita kepada kami Qutaibah dan Sofya>n bin Waki>’,
mereka berdua berkata: Telah bercerita kepada kami H}amid bin ‘Abdu rah}man ar-Ru’a}si dari H}asan bin S}alah dari Harun Abi Muhammad
dari Maqa>til bin H}ayan dari Qata>dah dari Anas berkata : “Rasulullah
saw bersabda: :
Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai
hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang membacanya
maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca
Al-Qur'an sepuluh kali”
أخبرنا أبو محمد عبد
الرحمن بن عمر النحاس ثنا أحمد بن إبراهيم بن جامع ثنا علي بن عبد العزيز ثنا
قتيبة بن سعيد ثنا حميد بن عبد الرحمن عن حسن بن صالح عن هارون أبي محمد عن مقاتل
بن حيان عن قتادة عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن لكل شيء قلبا وإن قلب القرآن يس فمن قرأ
يس كتب له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرار
Telah
mengabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘abdu Rahman bin ‘umar an-nuh>}as
telah mengabarkan pada kami Ahmad bin Ibrahim bin Jami’ telah mengabarkan pada kami ‘Ali bin Abdul ‘Aziz telah mengabarkan pada kami
Qutaybah bin Sa’id
telah mengabarkan pada kami H}amid bin Abdu Rahman dari H}asan bin S}alah dai Harun Abi Muhammad dari
Muqa>til bin H}aya>n dari Qata>dah bin Anas berkata: Rasullah
saw bersabda : “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu
mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang
membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala
membaca Al-Qur'an sepuluh kali”
2.
Pembacaan surat yasin saat sakaratul
maut
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا على بن
إسحاق ثنا عبد الله وعتاب ثنا عبد الله بن المبارك أنا سليمان التيمي عن أبي عثمان
وليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : اقرءوها
على موتاكم قال على بن إسحاق في حديثه يعني يس
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف
لجهالة أبي عثمان وأبيه
Telah
bercerita kepada kami ‘Abdullah,
telah bercerita padaku ayahku
telah mengabarkan pada kami ‘Ali
bi Ish}>aq
telah mengabarkan pada kami ‘Abdullah
dan ‘At>ab
telah mengabarkan pada kami ‘Abdullah
bin Al-Muba>rak
telah mengabarkan pada kami Sulaiman al-Yati>mi> dari ‘Uthman, dan ‘Uthman tidak bersama
An-Nahdi>
,dari ayahnya dari ma’qil bin Yasa>r berkata: Rasullah saw bersabda : Bacakanlah kepada orang yang akan
mati di antara kamu. Ali bin ishaq dalam hadithnya
berkata : Yaitu surat Ya>si>n.
حدثنا أبو
عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل
أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي
عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم :
سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول
فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Telah
bercerita kepada kami
Abu ‘Abdullah
Muhammad bin Abdullah as}-S}afar
telah mengabarkan pada kami H}asan bin ‘Ali bin Buh}ra al Ba>ri>
telah mengabarkan pada kami ‘A>rim bin al Fadhil Abu Nu’man telah mengabarkan pada kami Abdullah bin Al Muba>rak dari Sulaiman al-Yati>mi> dari Abi ‘Uthman dan
bukanlah
‘Uthman bersama an-Nahdi> dari ayahnya dari Ma’qil
bin Yasa>r r.a. berkata: Rasullah saw
bersabda : surat
Ya>si>n Bacakanlah kepada orang yang akan
mati di antara kamu".
حدثنا
عبد الله حدثني أبي ثنا عارم ثنا عبد الله بن المبارك ثنا سليمان التيمي عن أبي
عثمان وليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار قال قال رسول الله صلى الله عليه و
سلم : اقرءوها على موتاكم يعني يس
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده
ضعيف لجهالة أبي عثمان وأبيه
Telah
bercerita kepada ‘Abdullah telah bercerita kepadaku ayahku telah mengabarkan pada kami
‘Arim telah
mengabarkan pada kami ‘Abdullah
bin al Muba>rak
telah mengabarkan pada kami Sulaiman
al yati>mi> dari Abi uthman dan Abu Uthman tidak bertemu dengan An
Nahdi dari ayahnya dari Ma’qil bin Yasa>r berkata: Rasullah saw bersabda : Bacakanlah
kepada orang yang akan mati di antara kamu, yakni surat Ya>si>n
3. Pahala bagi yang
membaca Ya>si>n
وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ : حَدَّثَنَا يُوسُفُ
بْنُ عَطِيَّةَ الصَّفَّارُ الْمِصْرِيُّ ، عَنْ هَارُونَ بْنِ كَثِيرٍ ، عَنْ زَيْدِ
بْنِ أَسْلَمَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ
, رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم
: مَنْ قَرَأَ يَسْ يُرِيدُ بِهَا وَجْهَ اللهِ غُفِرَ لَهُ ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ
فَكَأَنَّمَا قَرَأَ الْقُرْآنَ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ مَرَّةً ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ وَهُوَ
فِي سَكَرَاتِ الْمَوْتِ جَاءَ رِضْوَانُ خَازِنُ الْجَنَّةِ بِشَرْبَةٍ مِنْ شَرَابِ
الْجَنَّةِ حَتَّى يَسْقِيَهُ وَهُوَ عَلَى فِرَاشِهِ حَتَّى يَمُوتَ رَيَّانَ ، وَيُبْعَثُ
رَيَّانَ.
هذا إسناد ضعيف ، لضعف هارون بن كثير.
وقد تقدم في كتاب الوصايا في باب وصية النبي صَلى الله
عَلَيه وسَلَّم لعلي بن أبي طالب ضمن حديث طويل بسند ضعيف : يا علي ، واقرأ يس
, فإن في يس عشر بركات : ما قرأها جائع إلا شبع ، ولا ظمآن إلا روي ، ولا عار إلا اكتسى
، ولاعزب إلا تزوج ، ولا خائف إلا أمن ، ولا مسجون إلا فرج ، ولا مسافر إلا أعين على
سفره ، ولا من ضلت ضالته إلا وجدها ، ولا مريض إلا برأ ، ولا قريب عند ميت إلا خفف
عنه
Ah}mad bin Mani’ berkata: Telah bercerita kepada kami Yusuf
bin ‘Atiyyah as}- S}afar al-mis}riy dari Harun bin Kathir dari
Zaid bin Aslam
dari ayahnya dari Abi Umamah dari ‘Ubay bin Ka’ab r.a berkata : Rasullah saw
bersabda :
حدثنا محمد بن موسى القطان الهمداني ببغداد مموس
حدثنا محمد بن حفص الأنصاري الحمصي حدثنا سعيد بن موسى الأزدي الحمصي حدثنا رباح بن
زيد الصنعاني عن معمر عن الزهري عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من داوم على قراءة يس كل ليلة ثم مات مات شهيدا
لم يروه عن الزهري الا معمر ولا عنه إلا رباح تفرد به سعيد
Telah
bercerita kepada kami Muhammad bin Musa al qat}an al-Hamdani di Baghdad, telah bercerita kepada kami
Muhammad bin Hafs}a al-Ans}ari al-Humus}i, telah bercerita kepada
kami Sa’id bin Musa al-Azdi al-Humus}i, telah bercerita kepada
kami Rubbah
bin Zaid as}-S}an’ani dari Ma’mar dari Zuhri dari Anas bin Malik berkata: Rasullah
saw bersabda : Siapa yang terus menerus membaca
surat Ya>si>n
pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid
حدثنا عمرو بن زرارة ثنا عبد الوهاب ثنا راشد أبو
محمد الحماني عن شهر بن حوشب قال قال بن عباس من قرأ يس حين يصبح أعطي يسر يومه حتى يمسي ومن
قرأها في صدر ليلة أعطي يسر ليلته حتى يصبح
Telah
bercerita kepada kami ‘Umar bin Zara>rah
telah mengabarkan pada kami ‘Abdul waha>b
telah mengabarkan pada kami Ras}id Abu Muhammad al-hama>ni> dari shahra bin h}aushab berkata: Rasullah saw bersabda : Siapa yang membaca surat Yasin di pagi hari maka akan dimudahkan
(untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di awal malam
(sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi".
حدثنا محمد بن نصر نا محمد
بن حفص الأوصابي نا سعيد بن موسى الأزدي ثنا رباح بن زيد الصنعاني عن معمر عن الزهري
عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من داوم على قراءة يس كل
ليلة ثم مات مات شهيدا لم يرو هذا الحديث عن الزهري إلا معمر ولا عن معمر إلا رباح
ولا عن رباح إلا سعيد بن موسى تفرد به بن حفص
Telah
bercerita kepada kami Muhammad bin Nas}r telah mengabarkan pada kami
Muhammad bin Hafs}a al-Aws>}abi>
telah mengabarkan pada kami Sa’id bin Mu>sa> al-Azdi> telah mengabarkan pada kami Rubbah bin Zaid as}-S}an’ani dari Ma’mar
dari Az-zuhr>i dari Anas bin Ma>lik berkata: Rasullah saw bersabda : Siapa
yang terus menerus membaca surat Yasin pada setiap malam, kemudian ia mati maka
ia mati syahid".
أخبرنا علي بن أحمد بن عبدان
أنا أحمد بن عبيد الصفار ثنا المعتمر عن طالوت بن عباد ثنا سويد أبو حاتم عن أبي سليمان
التيمي عن أبي عثمان أن أبا هريرة قال : من قرأ يس مرة فكأنما قرأ القرآن عشر مرات
و قال أبو سعيد : من قرأ يس مرة فكأنما قرأ القرآن مرتين قال أبو هريرة : حدثت أنت
بما سمعت و أحدث أنا بما سمعت
Telah
mengabarkan kepada kami ‘Ali bin Ahmad bin ‘Abdan telah mengabarkan pada kami
Ahmad bin ‘Abid as}-s}afar
telah mengabarkan pada kami Al-Mu’tamar dari T}alut} bin ‘Iba>d
telah mengabarkan pada kami Suwaid
Abu H>}a>tim dari Abi sulaiman al-yati>mi> dari Abi Uthman dari Abi
Hurairah
berkata: Rasullah saw bersabda:
siapa yang membaca surat Ya>si>n satu kali maka seolah-olah ia membaca qur’an 10 kali,
dan Abu Sa’>id berkata : siapa yang
membaca Ya>si>n satu kali, maka seolah-ola ia membaca Qur’an dua
kali, Abu Hurairah berkata: engkau menceritakan seperti apa yang kau dengar,
dan aku menceritakan sesuai dengan yang aku dengar.
4.
Keutamaan Ya>si>n disisi Allah
أخبرنا أبو نصر بن قتادة أنا أبو العباس الضبعي ثنا الحسن بن علي بن زياد
ثنا إسماعيل بن أبي أويس ح و أخبرنا أبو ذر عبد بن أحمد بن محمد المالكي بمكة ثنا أبو
عبد الله بشر بن محمد بن عبد الله المزني أنا محمد بن عبد الرحمن الشامي ثنا إسماعيل
بن أبي أويس ثنا محمد بن عبد الرحمن بن أبي بكر الجدعاني من قريش من بني تميم من أهل
مكة عن سليمان بن مرقاع الجندي عن هلال عن الصلت أن أبا بكر الصديق رضي الله عنه قال
: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم :
سورة يس ( تدعى من التوراة ) في التوراة
تدعى المعمة قيل و ما المعمة ؟ قال : نعم صاحبها بخير الدنيا و الآخرة و تكابد عنه
بلوى الدنيا و تدفع عنه أهوال الآخرة و تدعى الدافعة القاضية تدفع عن صاحبها كل سوء
و تقضي له كل حاجة من قرأها عدلت له عشرين حجة و من سمعها عدلت له ألف دينار في سبيل
الله من كتبها ثم شربها أدخلت جوفة ألف دواء و ألف نور و ألف يقين و ألف بركة و ألف
رحمة و نزعت عنه كل غل و داء
تفرد به محمد
بن عبد الرحمن هذا عن سليمان و هو منكر
حدثنا عبدوس بن ديزويه الرازي قال حدثنا ابراهيم بن المنذر الحزامي قال حدثنا
ابراهيم بن المهاجر بن مسمار قال حدثنا عمر بن حفص بن ذكوان عن مولى الحرقة عن ابي
هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ان الله قرأ طه و يس قبل ان يخلق آدم
بألف عام فلما سمع الملائكة القرآن قالوا طوبى لأمة نزل هذا عليها وطوبى لأجواف تحمل
هذا وطوبى [ ص 134 ] لألسن تكلم بهذا لم يرو هذا الحديث عن النبي صلى الله عليه
و سلم إلا بهذا الإسناد تفرد به إبراهيم بن المنذر
4. Tema
Surah Ya>si>n
(يس) adalah surah ke-36 dalam Al Qur'an. Surah ini terdiri atas 83 ayat,
termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Al-Jinn.
Dinamai Ya>si>n
karena dimulai dengan huruf Ya> dan Sin. Sebagaimana halnya arti huruf-huruf
abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al Qur’an, maka demikian pula
arti Ya>si>n
yang terdapat pada ayat permulaan surah ini, yaitu Allah mengisyaratkan bahwa
sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal-hal yang penting antara lain: Allah
bersumpah dengan Al Qur’an bahwa Muhammad SAW benar-benar seorang rasul yang diutus-Nya kepada
kaum yang belum pernah diutus kepada mereka rasul-rasul.
Pokok-pokok isi yang
terkandung di dalam surat Ya>si>n diantaranya adalah :
1. Keimanan:
Bukti-bukti adanya hari berbangkit, Al Qur’an bukanlah syair, ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah, surga
dan sifat-sifatnya yang disediakan bagi orang-orang
mukmin,
mensucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya, anggota badan manusia menjadi saksi pada
hari kiamat atas segala perbuatannya di dunia.
2. Kisah:
Kisah Nabi Isa a.s dengan penduduk Ant}akiyah.
3. Dan
lain-lain: Tidak ada faedah peringatan bagi orang-orang musyrik, Allah menciptakan segala sesuatu
berpasang-pasangan, semua bintang-bintang di cakrawala
berjalan pada garis edar yang telah ditetapkan Allah, ajal dan hari kiamat datangnya secara tiba- tiba, Allah
menghibur hati Rasulullah SAW terhadap sikap
kaum musyrikin
yang menyakitkan hatinya.
Surah ini mempunyai kedudukan tersendiri dalam tradisi kehidupan
sebagian umat Islam. Meskipun keabsahan tradisi tersebut diperdebatkan,
surah yasin sering dibaca pada
waktu-waktu tertentu seperti ketika seseorang sedang menghadapi sakratul maut,
malam Jumat,
malam Nisfu Sya'ban, tahlil, dan
lain sebagainya.
1.
Ya>si>n sebagai
jantung Qur'an
يس
والقران الحكيم إنّك لمن المرسلين
Tiga ayat tersebut di atas merupakan sumpah dan pengakuan tegas Allah kepada
orang-orang yang mengingkari kerasulan dan
kenabian
Muhammad SAW. Bahwa sesungguhnya
beliau adalah salah satu dari rasul-rasulNya.
Sebagian
ahli Tafsir menafsirkan kata “الحكيم”
dengan makna المحكم yang artinya kitab yang
memiliki kandungan yang sempurna dari yang Maha Sempurna, kandungan yang berisi
ilmu dan pengetahuan yang sangat luar biasa tingginya. Dan di dalam ayat ini Allah telah bersumpah: "Demi Al-Quran yang mengandung
hikmah. Dan sesungguhnya engkau ya Muhammad adalah sebagian dari rasul-rasul.
Kemudian muncul pertanyaan kenapa
surat
Ya>si>n dinyatakan sebagai
jantung Al Quran?”
Pertanyaan tersebut di atas sebenarnya masih berhubungan dengan 3 ayat yang telah kita bahas tadi. Di dalam tafsir H}amamy terdapat sebab-sebab turunnya ayat ini yang menjadi satu alasan "kenapa surah Ya>si>n menjadi jantungnya Al-Quran?”
Terungkap didalam tafsir H}amamy sebab turunnya ayat ini berhubungan dengan penghinaan orang-orang kafir terhadap nabi Muhammad SAW. Al-kisah : beberapa orang kafir mengejek, memaki, dan menghina nabi Muhammad SAW. Lalu mereka berkata : “sesungguhnya Muhammad bukanlah seorang nabi dan bukanlah seorang rasul, dia hanyalah yatim Abi T}alib, dia hanyalah seorang penganggur, dia orang yang tidak punya pekerjaan, dia tidak pernah menutut ilmu dimanapun, ”bagaimana Muhammad bisa menjadi seorang nabi dan rasul?”
Begitulah ungkapan orang orang kafir terhadap Nabi Muhammad SAW, Bahkan mereka terus-menerus mengingkari kerasulan dan kenabian nabi Muhammad SAW. Alangkah terpukulnya Nabi Muhammad SAW saat itu. Al-kisah, Allah SWT menolak ucapan orang-orang kafir tersebut. Dan menurunkan 3 ayat ini : " يس والقران الحكيم إنّك لمن المر سلين ". Yang artinya: “demi Al Quran yang mengandung hikmah, sesungguhnya engkau wahai Muhammad, adalah sebagian salah satu diantara rasul-rasul.”
Pertanyaan tersebut di atas sebenarnya masih berhubungan dengan 3 ayat yang telah kita bahas tadi. Di dalam tafsir H}amamy terdapat sebab-sebab turunnya ayat ini yang menjadi satu alasan "kenapa surah Ya>si>n menjadi jantungnya Al-Quran?”
Terungkap didalam tafsir H}amamy sebab turunnya ayat ini berhubungan dengan penghinaan orang-orang kafir terhadap nabi Muhammad SAW. Al-kisah : beberapa orang kafir mengejek, memaki, dan menghina nabi Muhammad SAW. Lalu mereka berkata : “sesungguhnya Muhammad bukanlah seorang nabi dan bukanlah seorang rasul, dia hanyalah yatim Abi T}alib, dia hanyalah seorang penganggur, dia orang yang tidak punya pekerjaan, dia tidak pernah menutut ilmu dimanapun, ”bagaimana Muhammad bisa menjadi seorang nabi dan rasul?”
Begitulah ungkapan orang orang kafir terhadap Nabi Muhammad SAW, Bahkan mereka terus-menerus mengingkari kerasulan dan kenabian nabi Muhammad SAW. Alangkah terpukulnya Nabi Muhammad SAW saat itu. Al-kisah, Allah SWT menolak ucapan orang-orang kafir tersebut. Dan menurunkan 3 ayat ini : " يس والقران الحكيم إنّك لمن المر سلين ". Yang artinya: “demi Al Quran yang mengandung hikmah, sesungguhnya engkau wahai Muhammad, adalah sebagian salah satu diantara rasul-rasul.”
Kemudian
Allah bersumpah dan menyaksikan dengan zat Nya atas kerasulan dan kenabian
Muhammad SAW. Lalu Allah Berkata : “Ya Muhammad, sengguhnya orang kafir telah
mengingkari kerasulan dan kenabianmu, maka janganlah engkau bersedih atas ucapan
mereka. Hari ini aku bersumpah demi Al-Quran yang mengadung hikmah dan Aku bersaksi bahwa engkau adalah
sebagian dari rusul-rasul Ku.[4]
Dalam sebuah hadits disebutkan :
أخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن عمر النحاس ثنا أحمد بن إبراهيم بن جامع ثنا
علي بن عبد العزيز ثنا قتيبة بن سعيد ثنا حميد بن عبد الرحمن عن حسن بن صالح عن هارون
أبي محمد عن مقاتل بن حيان عن قتادة عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن
لكل شيء قلبا وإن قلب القرآن يس فمن قرأ يس كتب له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرار
“Telah mengabarkan kepada kami Abu
Muhammad ‘abdu Rahman bin ‘umar an-nuh>}as telah mengabarkan pada kami Ahmad
bin Ibrahim bin Jami’ telah mengabarkan pada kami ‘Ali bin Abdul ‘Aziz telah
mengabarkan pada kami Qutaybah bin Sa’id telah mengabarkan pada kami H}amid bin Abdu Rahman dari H}asan bin S}alah dai Harun Abi Muhammad dari Muqa>til bin H}aya>n dari Qata>dah bin Anas berkata: Rasullah saw
bersabda : “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu
mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur'an itu ialah surat Yasin. Siapa yang
membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala
membaca Al-Qur'an sepuluh kali”
Surah Ya>si>n merupakan jantung Al Qur’an (qalb al Qur’an). Ia sering dibacakan kepada orang meninggal, dan
karenanya ia penting bagi orang hidup. Jika manusia ingin mengetahui makna
kehidupan, ia harus mengalami kematian, karena manusia berasal dari alam non fisik
dan segera akan kembali ke alam tersebut. Ilmu didasarkan atas hal-hal yang
saling bertentangan. Pemahaman manusia terhadap ilmu tergantung pada kondisi
hatinya. Jika hatinya murni dan terbuka, maka ia akan melihat kesempurnaan
dalam setiap kehidupan yang ia hadapi. Al Qur’an memperkenankan manusia untuk
memahami hal-hal yang tidak dapat dimengerti.
Surat Ya>si>n juga berkenaan dengan Nabi Muhammad, dan ditujukan
langsung kepada para pembawa risalah tauhid yang terus menyebarkannya. Siapa
pun yang menerima sepenuhnya risalah tauhid, ia dianggap sebagai seorang wakil
(khalifah) Allah. Ia menjadi seorang hamba sejati yang dilepaskan dari
perbudakan dengan meleburkan dirinya dan terus berada dalam Tuhannya.[5]
Surah Ya>si>n memberi kita pengajaran yang jelas mengenai
jalan-jalan Allah. Surah ini mengandung gambaran yang menyeluruh tentang tauhid,
tentang sifat Yang Maha Wujud, tentang hukum-hukum yang mengatur kehidupan dan tentang tingkat
kebebasan manusia sebagai makhluk jasmani rohani.[6]
2.
Pahala bagi yang membaca Ya>si>n :
Dalam Al Qur’an kita
mendapatkan bahwa amal baik yang dilakukan dengan niat ikhlas, tanpa
mengharapkan balas jasa, akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Amal
jelek sebaliknya, menghasilkan balasan yang nilainya setimpal.
Dalam hadits disebutkan sebagai berikut :
وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ : حَدَّثَنَا يُوسُفُ
بْنُ عَطِيَّةَ الصَّفَّارُ الْمِصْرِيُّ ، عَنْ هَارُونَ بْنِ كَثِيرٍ ، عَنْ زَيْدِ
بْنِ أَسْلَمَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ
, رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم
: مَنْ قَرَأَ يَسْ يُرِيدُ بِهَا وَجْهَ اللهِ غُفِرَ لَهُ ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ فَكَأَنَّمَا
قَرَأَ الْقُرْآنَ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ مَرَّةً ، وَمَنْ قَرَأَ يَسْ وَهُوَ فِي سَكَرَاتِ
الْمَوْتِ جَاءَ رِضْوَانُ خَازِنُ الْجَنَّةِ بِشَرْبَةٍ مِنْ شَرَابِ الْجَنَّةِ
حَتَّى يَسْقِيَهُ وَهُوَ عَلَى فِرَاشِهِ حَتَّى يَمُوتَ رَيَّانَ ، وَيُبْعَثُ رَيَّانَ.
هذا إسناد ضعيف ، لضعف هارون بن كثير.
وقد تقدم في كتاب الوصايا في باب وصية النبي صَلى الله عَلَيه وسَلَّم لعلي
بن أبي طالب ضمن حديث طويل بسند ضعيف : يا علي ، واقرأ يس , فإن في يس عشر بركات :
ما قرأها جائع إلا شبع ، ولا ظمآن إلا روي ، ولا عار إلا اكتسى ، ولاعزب إلا تزوج ،
ولا خائف إلا أمن ، ولا مسجون إلا فرج ، ولا مسافر إلا أعين على سفره ، ولا من ضلت
ضالته إلا وجدها ، ولا مريض إلا برأ ، ولا قريب عند ميت إلا خفف عنه
Segala sesuatu dalam alam diatur menurut hukum alam,
dan sang pemberi hukum ini adalah Allah. Pintu menuju Allah adalah dengan
memahami dan mengikuti hukum-hukum Nya baik secara lahiriah maupun batiniah.
Orientasi lahiriah saja tidak cukup. Pola luar hanya menyediakan petunjuk-petunjuk
dan informasi, bukan ilmunya sendiri.
Allah berfirman dalam hadis qudsi, “Aku tidak berada di langit maupun di
bumi, tetapi Aku berada di hati orang yang beriman”. Sayyidina
Abu Bakar Shidiq, Sayyidina ‘Umar bin K}atab,
dan Imam Ali bin Abi T}alib
serta para sahabat utama, adalah orang yang sering menangis ketika membaca Al
Qur’an. Mereka menangis karena paham. Tak sekedar paham, mereka pun memantulkan
teguran Al Qur’an dengan perilaku dirinya. Inilah yang dimaksudkan Surat Maryam
ayat 58 :
y7Í´¯»s9'ré& z`Ï%©!$# zNyè÷Rr& ª!$# NÍkön=tã z`ÏiB z`¿ÍhÎ;¨Y9$# `ÏB ÏpÍhè tPy#uä ô`£JÏBur $oYù=yJym yìtB 8yqçR `ÏBur ÏpÍhè tLìÏdºtö/Î) @ÏäÂuó Î)ur ô`£JÏBur $uZ÷yyd !$oYøu;tGô_$#ur 4 #sÎ) 4n?÷Gè? ÷LÏiøn=tæ àM»t#uä Ç`»uH÷q§9$# (#ryz #Y£Úß $|Å3ç/ur
Artinya :
“Mereka
itu adalah orang-orang yang Telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi
dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan
dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang Telah kami beri
petunjuk dan Telah kami pilih. apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha
Pemurah kepada mereka, Maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.”
Pada
hadis tersebut disebutkan beberapa keutamaan bagi siapa yang membaca Ya>si>n.
Apabila dalam membaca Al Qur’an diimbangi dengan introspeksi diri lalu
bertaubat, apalagi dengan tangis penuh pengharapan, maka insya allah, Allah
akan mengampuni segala dosa kita.
3.
Ya>si>n saat sakaratul maut
حدثنا أبو عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن
بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان
التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال
رسول الله صلى الله عليه و سلم : سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول
فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Di
antara kebiasaan sebagian kaum muslimin di dunia Islam, mereka membaca surat
Yasin untuk meringankan proses naza’ (sakaratul maut). Sebagian menolak ini dan
menganggapnya sebagai amalan bid’ah dhalalah. Sebagian lain membolehkannya,
bahkan menganjurkannya. Sama
dengan hal ini, yakni membacanya ketika sudah wafat baik dengan tujuan
meringankannya atau mengirim pahala bacaannya, baik di baca di sisi mayit atau
di kubur.
Mautakum
(موتا كم) berarti orang yang sedang menghadapi kematian, bukan orang
sudah wafat. Imam Ibnu Hajib mengatakan, maksud hadits ini adalah ketika orang
tersebut menjelang wafat, bukan mayit yang dibacakan Al Quran.[7]
Hadith di atas memerintahkan untuk
membacakan surat Ya>si>n kepada orang yang akan meninggal agar dimudahkan proses sakaratul
mautnya. Para ulama banyak yang meyakini kebenaran hadits ini, bahwa membacakan
Ya>si>n untuk orang yang akan meninggal akan mempemudahnya dalam sakaratul maut,
dengan beberapa syarat. Syarat utamanya adalah bahwa yang bersangkutan memahami
isi surat Ya>si>n, karena itu ketika mendengarkan bagian demi bagian surat Ya>si>n ia seperti mendapat petunjuk tentang bagaimana mmemasrahkan diri kepada
Allah. Pada saat sakaratul maut biasanya kita akan measa sangat cemas mengenai
nasib kita, juga mengenai nasib keturunan kita setelah meninggal. Ayat-ayat
surat Ya>si>n dengan mantap menegaskan bila kita baik, maka surga akan menunggu kita.
Kemudian surat Ya>si>n juga menegaskan bahwa Al Aziz terus menerus menundukkan alam bagi
kebahagiaan manusia beriman. Kedua informasi ini akan membuat seseorang yang
sedang sakaratul maut merasa tenang dan siap menghadapi mati.[8]
Perlu diketahui,
anjuran membaca surat Ya>si>n dihadapan orang yang
sedang sakaratul maut adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Hal ini
dikatakan oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah sebagai berikut:
وقال
الجمهور: يندب قراءة {يس} لحديث «اقرؤوا على موتاكم يس» واستحسن بعض متأخري
الحنفية والشافعية قراءة {الرعد} أيضا ً، لقولجابر: «إنها تهون عليه خروج روحه»
والحكمة من قراءة {يس} أن أحوال القيامة والبعث
مذكورة فيها، فإذا قرئت عنده، تجدد له ذكر تلك الأحوال.
Jumhur
ulama mengatakan: disunnahkan membaca Ya>si>n, lantaran hadits: Bacalah oleh kalian kepada
orang yang menghadapi sakaratul maut, surat Ya>si>n. Sebagian ulama muta’akhirin dari kalangan
Hanafiah dan Syafi’iyah juga memandang baik membaca surat Ar Ra’du, dengan
alasan perkataan Jabir: “Hal itu bisa meringankan ketika keluarnya ruh.”
Hikmah dibacakannya
surat Ya>si>n adalah bahwa peristiwa
kiamat dan hari kebangkitan disebutkan di dalam srat tersebut. Maka, jika
dibacakan di sisinya hal itu bisa memperbarui ingatannya terhadap
peristiwa-peristiwa tersebut.[9]
Jadi inilah obat yang kita peroleh dari surah Ya>si>n
.mereka yang belum
mendapatkannya dalam hidup ini pada akhirnya pun akan mendapatkannya ketika
mati. Itulah mengapa surah ini dibaca ketika seorang muslim meninggal, dengan
harapan jiwa (ruh) nya ingat atau bergaung dengan realitas asalnya serta
berdzikir terhadap apa yang telah mendarah daging dengannya.[10]
5.
Kritik Hadits
حدثنا أبو عبد الله محمد بن عبد الله الصفار ثنا الحسن
بن علي بن بحر البري ثنا عارم بن الفضل أبو النعمان ثنا عبد الله بن المبارك عن سليمان
التميمي عن أبي عثمان و ليس بالنهدي عن أبيه عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال : قال
رسول الله صلى الله عليه و سلم : سورة يس اقرؤوها عند موتاكم
أوقفه يحيى بن سعيد و غيره عن سليمان التيمي و القول
فيه قول ابن المبارك إذ الزيادة من الثقة مقبولة
Dengan dimasukannya hadits ini dalam kitab Shahih-nya Imam Ibnu
Hibban, maka menurutnya hadits ini adalah shahih. Hal ini juga ditegaskan oleh
Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani.[11]Sementara,
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani mendhaifkan hadits ini.[12]
Imam Ash Shan’ani menjelaskan, bahwa Imam Ibnul Al
Qaththan menyatakan adanya cacat pada hadits ini yakni idhthirab (goncang), dan
mauquf (hanya sampai sahabat nabi), dan terdapat rawi (periwayat) yang majhul
(tidak dikenal) yakni Abu Utsman dan ayahnya. Sementara, Imam Ibnul ‘Arabi
mengutip dari Imam Ad Daruquthni, yang mengatakan bahwa hadits ini sanadnya
mudhtharib (goncang), majhulul matni (redaksinya tidak dikenal), dan tidak
shahih satu pun hadits dalam bab ini (tentang Yasin).[13]
Namun demikian, kelemahan hadits ini diperkuat
oleh riwayat lainnya.Imam Ahmad dalam Musnad-nya, mengatakan, telah berkata
kepada kami Abul Mughirah, telah berkata kepada kami Shafwan, katanya: “Dahulu
para masyayikh (guru) mengatakan jika dibacakan surat Yasin di sisi mayit, maka
itu akan meringankannya.”
Pengarang Musnad Al Firdaus telah menyandarkan
riwayat ini, dari Abu Darda’ dan Abu Dzar, mereka mengatakan bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidaklah seorang mayit meninggal lalu
dibacakan surat Yasin di sisinya, melainkan Allah Ta’ala akan memudahkannya.”
Lalu, Imam Ash Shan’ani mengatakan, bahwa dua
riwayat inilah yang menguatkan penshahihan yang dilakukan Imam Ibnu Hibban,
yang maknanya adalah menjelang kematian (bukan dibaca sesudah wafat, pen), dan
dua riwayat ini lebih jelas dibanding riwayat yang dijadikan dalil olehnya.[14]
6.
Pesan Moral
Hidup yang singkat ini hanya
sebuah mata rantai dari rantai kehidupan. Sebelum kehidupan ini, ada suatu pola
kehidupan, setelah kehidupan dunia ini pun, ada pola kehidupan lain. Periode sembilan
bulan dalam kandungan menghubungkan kita dengan alam ini. Tidur setelah mati,
menghubungkan kita dengan alam kemudian. Seperti yang dilukiskan oleh ayat ;
(#qä9$s% $uZn=÷uq»t .`tB $uZsVyèt/ `ÏB 2$tRÏs%ö¨B 3 #x»yd $tB ytãur ß`»oH÷q§9$# Xy|¹ur cqè=yößJø9$# ÇÎËÈ
“Mereka berkata: "Aduhai celakalah
kami! siapakah yang membangkitkan Kami dari tempat-tidur Kami (kubur)?".
Inilah yang dijanjikan (tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-
rasul(Nya).”[15]
Apakah orang ingat jelas pengalaman ketika dalam kandungan?
Demikian pula, kita tidak dapat membayangkan keadaan yang belum kita alami
nanti yang akan menjadi tempat kembali kita.
Hadith Ya>si>n yang dianggap palsu berkisar mengenai hal-hal berikut
ini; (1) bila membaca surat Ya>si>n pada malam hari, sewaktu bangun pagi hari akan
diampuni dosanya (2) bila seorang membaca surat Ya>si>n setiap malam, kemudian ia mati, maka matinya adalah
mati syahid (3) Siapa membaca surat Ya>si>n satu kali, sama pahalanya dengan membaca Al Qur’an
dua kali (4) siapa mambaca surat Ya>si>n satu kali, sama dengan membaca Al Qur’an sepuluh kali
(5) siapa membaca Ya>si>n di sisi orang yang akan meninggal, maka yang akan
meninggal itu dimudahkan sakaratul mautnya.
Sementara hadits-hadits lemah memberikan informasi
bahwa surat Ya>si>n memiliki keutamaan seperti: (1) siapa yang membaca
surat Ya>si>n karena
mencari ridha Allah, niscaya Allah akan mengampuni dosanya, (2) siapa yang
membaca surat Ya>si>n pada permulaan siang, maka akan diluluskan semua
hajatnya, (3) siapa yang membaca surat Ya>si>n di pagi hari maka akan dimudahkan urusannya malam itu
sampai pagi (4) perintah untuk membacakan surat Ya>si>n kepada orang yang akan mati.
Karena ada aturan syariat bahwa kita bisa merujukkan
amal saleh pada hadits “palsu”, maka kita fokuskan saja pada hadits “lemah”.
Informasi pada hadits-hadits tersebut adalah benar, asalkan kita mau mengubah
cara pandang mengenai makna “mambaca”. Membaca bukanlah melafalkan saja,
melainkan merenungi maknaya seraya menjadi isi yang dibaca untuk perbaikan diri. Jadi membaca memahami. Membaca seperti sedang
bercermin, kita berada di hadapan “cermin” Al Qur’an, lalu kita memperbaiki
perilaku kita, kebiasaan kita, agar sesuai dengan kepantasan yang dipantulkan
Al Qur’an. Beramal dengan hadits-hadits yang dianggap dha’if menurut sebagian
ulama diperbolehkan untuk fadha’il amal.
DAFTAR PUSTAKA
Al Fiqhul Islami wa
Adillatuhu. Maktabah Misykah
Imam Ahmad An Nafrawi. Al
Fawakih Ad Dawani ‘ Ala Risalati Ibni Abi Zaid Al Qairuwani
Q-Annes,
Bambang. The Keys of Yasin Refleksi Surat
Yasin Dalam Menjalani Kehidupan. Bandung : Sambiosa Rekatama Media. 2009.
Haeri, Syekh Fadhlullah. Jantung Al Qur’an.
Jakarta ; Serambi Ilmu Semesta. 2000.
Gusmian, Islah. Al Qur’an surat Cinta sang Kekasih.
Yogyakarta : Pustaka Marwa.2005.
[1] Al
Qur’an memang harus dibaca dengan tartil (QS. Al-Muzammil [73] : 4) dan ketika
Al Qur’an dibaca, Tuhan memerintahkan
umat Islam untuk mendengarnya dengan baik, dan memperhatikan dengan tenang agar
mendapat rahmat (QS. Al A’raf [7] :204).
[4] http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2214285-tradisi-membaca-surat-yasin-adakah/#ixzz1sxcI3LhO. Diakses tanggal 22 April 2012.
[7] .Imam Ahmad An Nafrawi. Al Fawakih Ad
Dawani ‘ Ala Risalati Ibni Abi Zaid Al Qairuwani, hlm 282.
[8] Bambang
Q-Annes. The Keys of Yasin Refleksi Surat
Yasin Dalam Menjalani Kehidupan. (Bandung : Sambiosa Rekatama Media. 2009).
Hlm 111.
[9] Al Fiqhul Islami
wa Adillatuhu. Maktabah Misykah. Hlm , 2/599.
[12] lihat Irwa’ul Ghalil
No. 688, Misykat Al Mashabih No. 1622, Dhaif Al Jami’ush Shaghir No. 1072,
Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3121, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah
No. 1448.
[13] Subulus Salam, 3/63.
Lihat juga Al Hafizh Ibnu Hajar, Talkhish Al Habir, No. 734, Darul Kutub Al
‘Ilmiyah. Imam Asy Syaukani, Nailul Authar, 4/ 22. Maktabah Ad Da’wah Al
Islamiyah
[14] (Subulus Salam, Ibid. At
Talkhish Al Habir, Ibid. Nailul Authar, Ibid).
ConversionConversion EmoticonEmoticon